6 Fakta Menarik Trofi Piala Dunia 2022, Nomor 3 Bikin Geleng-geleng



Pada 20 November-18 Desember 2022, ada 32 negara yang berkumpul di Qatar. Mereka menerjunkan tim sepak bola terbaiknya untuk bertanding di laga Piala Dunia 2022. Puluhan tim sepak bola ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk memperebutkan gelar juara Piala Dunia. Sang Pemenang nantinya akan mendapatkan satu trofi Piala Dunia. Trofi ajang bergengsi ini rupanya menyimpan banyak fakta unik, lho, Sobat Treasury. Penasaran? Berikut ini adalah penjelasannya.

 

1. Terinspirasi dari Mitologi Yunani

Piala Dunia pertama digelar pada 1930. Trofi Piala Dunia pertama dikenal dengan nama “Coupe de Monde” atau “The World Cup”. Trofi ini didesain oleh pematung asal Perancis, Abel Lafleur. Lafleur menampilkan sesosok wanita yang merepresentasikan Dewi Kemenangan Yunani Kuno, Nike, yang memegang piala.

 

2. Terbuat dari Emas

Desain pertama patung tersebut terbuat dari perak yang berlapis emas. Trofi itu seberat 3,8 kg dengan panjang 35 cm.

Untuk desain yang kedua, trofi untuk Piala Dunia sekarang, memiliki ukuran 36,5 cm dan terbuat dari 6,17 kg emas 18 karat. Piala tersebut punya dasar yang melingkar dengan diameter 13 cm. Bahannya terbuat dari dua lapis perunggu. Trofi yang sekarang merupakan piala yang didesain ulang oleh pematung Italia, Silvio Gazzaniaga.

Piala tersebut mengalami perubahan yang drastis, yaitu dua orang yang mengangkat bola dunia. Piala ini dimenangkan oleh tim sepak bola Jerman Barat untuk pertama kalinya.

 

3. Disimpan di Kotak Sepatu

Fakta berikutnya yang tak kalah mencengangkan adalah piala tersebut pernah disimpan di dalam kotak sepatu. Peristiwa ini terjadi ketika Italia menjadi juara Piala Dunia 1938. Kala itu, Perang Dunia II sedang berlangsung.

Sang Wakil Presiden FIFA, Ottorino Barassi, menyembunyikan trofi Piala Dunia dari incaran Nazi. Barassi itu merupakan orang Italia. Dia memindahkan trofi dari sebuah bank di Roma, Italia, ke kotak sepatu yang ada di bawah kasur.

 

4. Berganti Nama 

Pada 1946, trofi Piala Dunia berganti nama menjadi “The Jules Rimet Trophy”. Sekadar informasi, Jules Rimet merupakan presiden FIFA pada 1921-1954. Dia merupakan tokoh penting yang mencetuskan ajang Piala Dunia. Kini, World Cup menjadi ajang sepak bola populer dan bergengsi di dunia. Daya tariknya yang universal menjadikan Piala Dunia sebanding dengan Olimpiade.

 

5. Dicuri Dua Kali

Trofi ini memang berharga dan jadi “korban” pencurian sebanyak dua kali. Pencurian pertama terjadi empat bulan sebelum ajang Piala Dunia 1966 di Inggris terjadi. Trofi ini dicuri ketika sedang dipamerkan di Westminster Central Hall, padahal pameran tersebut sdah dijaga ketat. Para pelaku meminta uang tebusan sebanyak 15 ribu poundsterling.

Lalu, piala itu ditemukan oleh seekor anjing bernama Pickles. Kala itu, anjing ini sedang berjalan-jalan dengan pemiliknya, Dave Corbett. Setelah piala ini dikembalikan, Corbett dihadiahi uang 6 ribu poundsterling dan stok makanan anjing seumur hidup untuk Pickles.

Pencurian kedua terjadi pada 1983. Piala ini dicuri di Brazil. Sekadar informasi, trofi tersebut disimpan di markas Konfederasi Sepak Bola Brazil di Rio de Janeiro. Saat itu, Brazil berhak menyimpan piala tersebut sejak 1970.

 

6. Negara Pemenang Dapat Replika

Karena sudah hilang dua kali, kini, trofi Piala Dunia FIFA tidak bisa dimenangkan langsung dan dibawa pulang oleh sang juara. Replika ini terbuat dari perunggu yang berlapis emas. Tim negara pemenang hanya bisa membawa pulang piala replika. Peraturan ini berlangsung sejak 2006. Kini, trofi Piala Dunia tetap dimiliki FIFA dan diamankan di FIFA Museum, Zurich, Swiss. pemenang Piala Dunia.

 

Seru Juga Nih Kalau Bisa Nonton Langsung

Seru banget, ya, fakta-fakta menarik seputar trofi World Cup? Akan lebih seru lagi kalau bisa menonton langsung event Piala Dunia. Euforianya lebih terasa! Untuk yang belum berkesempatan untuk menonton Piala Dunia 2022, kamu bisa menyaksikannya di ajang berikutnya, yaitu Piala Dunia 2026. Menariknya, ajang itu akan digelar di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tentu saja uang yang dibutuhkan untuk menyaksikan tim negara kesayangan berlaga di sana, tidak sedikit. Kamu bisa mengumpulkan uangnya mulai dari sekarang. Ada cara yang lebih cepat untuk mengumpulkan dana, yaitu investasi. Investasi emas bisa dipilih karena minim risiko. Tidak hanya itu, harganya cenderung stabil dan bisa naik setiap tahun.

 

Harga Emas Mulai Goceng, Mau? 

Kamu bisa memilih aplikasi emas digital seperti Treasury untuk investasi. Harga emas digitalnya sangat terjangkau, yaitu Rp5 ribu. Lebih murah daripada semangkok soto babat, kan?

Selain itu, Treasury menyediakan fitur-fitur menarik yang bisa dicoba. Salah satunya, Rencana Emas yang membantumu untuk mengumpulkan uang, termasuk membeli tiket nonton Piala Dunia.

Fitur itu menyediakan simulasi jumlah emas yang harus ditabung harian, mingguan, atau tahunan agar dana bisa terkumpul sesuai target yang telah diberikan. 

Treasury juga menawarkan banyak keuntungan, seperti ada jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dipunya, bisa mencetak emas melalui Cetak Emas, serta membeli koleksi perhiasan emas dari UBS Lifestyle. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Treasury sekarang!