5 Tips Bijak Kelola Uang Saat Puasa



Nggak terasa, sudah masuk bulan Ramadan lagi! Dengan segala hal yang terjadi belakangan, suasana Ramadan tahun ini bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi, biar gimana pun, harus tetap semangat jalani ibadah. Berhubung hari pertama puasa datang di tanggal tua, berbuka dan sahur mungkin masih yang super sederhana nih ya. Tapi nggak apa-apa, toh yang penting kan ibadahnya.

Minggu depan, boleh jadi menu bakal berganti nih. Terutama untuk kamu yang sudah gajian. Boleh-boleh saja sih jajan lucu untuk berbuka, tapi ingat, jangan terlalu boros ya. Hari masih panjang, lho! Biar nggak overspending di Ramadan ini, berikut Treasury kasih beberapa tips.

1. Buat Daftar Prioritas Pengeluaran Ramadan

Ini penting. Biasanya menjelang Ramadan, orang-orang banyak menghabiskan budget bulanan untuk membeli segala kebutuhan yang katanya untuk sahur dan berbuka, walau ujungnya tetap jajan juga. Belanja terlalu berlebihan bisa bikin cashflow berantakan lho. Jadi, coba bikin dulu list apa saja kebutuhan utama kamu sebelum berbelanja, and stick to the list, please.

2. Bikin Daftar Menu Buka Puasa

Konsistensi dan disiplin diri itu penting untuk poin yang ini. Soalnya percuma kalau kamu sudah bikin daftar menu, tapi tetap jajan tiap hari. Sesekali jajan nggak apa-apa, asal jangan berlebihan dan akhirnya mengacaukan budget plan bulan ini. Daripada jajan, coba deh bikin takjil sendiri. Lebih sehat, kan?

3. Sisihkan Dana untuk Kewaijban di Depan

Nggak kalah penting. Tiap Ramadan, kamu kan punya kewajiban tambahan nih, jadi memang harus disiapkan sejak gaji masuk ke rekening. Jangan sampai telat bayar zakat ya! 

Di tengah kondisi seperti ini, zakat dan sedekah kamu tuh berguna banget untuk orang-orang yang membutuhkan. Treasury sudah ada fitur Donasi dan Zakat, kamu bisa langsung mengakses kedua fitur tersebut di aplikasi ya, yuk saling jaga!

4. Alokasikan Dana #JajanSore untuk Ditabung

Selama Ramadan, jajan tiap sore kan pasti berhenti tuh. Coba deh, alokasikan dana jajan iseng itu jadi simpenan. Mulai punya simpenan Emas, misalnya. Di Treasury, Kamu sudah bisa tuh, beli Emas mulai dari Rp5.000-an! Lebih murah dari budget es kopi dan bakso tiap sore kan?

5. Tahan Godaan Super Sale!

Menjelang Hari Raya nanti, semua brand bakal menggelar yang namanya pesta diskon. Itu waktunya kamu uninstall semua e-commerce, agar tidak tergoda. What you don’t know, won’t kill you soalnya kan. Tapi kalau nggak mau se-ekstrim itu, ya kamu harus punya tekad kuat untuk nggak iseng jajan gara-gara flash sale dan berbuntut memenuhi kamar dengan paket dari online shop. Ingat, bulan ini masih panjang!

Nah, jadi Ramadan kamu bukan cuma soal jaga hati dan mulut, tapi juga jaga simpenan uang agar bulan-bulan mendatang kamu tetap bisa berkecukupan.

Selamat menjalani ibadah puasa ya Teman Treasury!