5 Tips Investasi Ala Ray Dalio, Jangan Abaikan yang Nomor 2!



Siapa, sih, yang nggak mau jadi kaya? Menjadi kaya ini merupakan mimpi banyak orang. Ada banyak cara yang bisa mereka lakukan untuk menjadi orang tajir melintir. Salah satunya dengan investasi. Metode ini membantu hartamu berkembang biak. Dengan begitu, uangmu cepat terkumpul dan kamu pun bisa menjadi orang kaya.

Bicara tentang investasi, ada baiknya kegiatan ini tidak dilakukan asal-asalan. Jika salah ambil langkah, yang ada kamu akan rugi bandar. Nah, Sobat Treasury bisa belajar investasi dari para pakar. Salah satunya adalah Ray Dalio.

 

Siapa itu Ray Dalio?

Raymond Dalio atau Ray Dalio merupakan miliarder dan investor AS. Menurut catatan Forbes, kekayaan pria kelahiran 1949 ini mencapai US$19,1 miliar.  Dalio adalah pendiri, wakil ketua, dan wakil kepala firma investasi Bridgewater Associates. Bridgewater merupakan salah satu perusahaan hedge fund terbesar di dunia. Perusahaan ini berinvestasi sebanyak US$400 juta ke emas. 

Mau tahu tips investasi ala Ray Dalio? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

 

1. Pahami situasi ekonomi terkini untuk menentukan keputusan investasi. 

Dalio ini adalah investor makro. Dia mempelajari situasi ekonomi terkini untuk menemukan peluang dan risikonya. Sobat Treasury pun juga bisa belajar dari Dalio untuk berinvestasi, seperti menentukan strategi investasi dari kondisi ekonomi terkini. 

Misalnya, saat ini, harga emas dunia sedang naik karena Federal Reserve mempertimbangkan opsi menghentikan kenaikan suku bunga dan ada peluang resesi rendah. Kalau mau jual emas, ini bisa menjadi waktu yang tepat.

 

2. Hati-hati dengan inflasi

Kita sering mendengar kata “inflasi”. Ya, inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Dalio menyebut inflasi menjadi ancaman serius untuk investor. Kondisi ini bisa menguras daya beli dan merusak hasil inflasi. Bahkan, mengurangi nilai uang.

 

3. Jangan investasi di uang tunai. 

Dalio menyarankan kamu untuk tidak menyimpan uang dalam bentuk tunai. Dia juga menyebut bahwa orang kaya nggak pernah menyimpan uang tunai. Mengapa? Menurut Dalio, pengembalian uang akan jauh lebih rendah karena ada ancaman inflasi. Kamu bisa menekan risiko nilai harta berkurang dengan investasi.

 

4. Daripada bias, lebih baik analisis secara berkala. 

Di dunia investasi, ada istilah “bias”. Eits, ini bukan bias yang merujuk ke seseorang yang kamu kagumi di sebuah grup idola, lho.

Di dunia investasi, bias merupakan penyimpangan proses pengambilan keputusan yang tepat. Pada umumnya, penyimpanan ini dipengaruhi oleh faktor psikologis. Alhasil, investor sering tidak rasional dalam menentukan keputusan investasi.

Dalio berpendapat sikap itulah yang menjadi penyumbang utama kerugian investor. Investor cenderung bullish atau bearish terhadap pasar atau di posisi tertentu. Sikap itu bisa mendorong investor untuk bertahan di posisi yang terlalu lama dan membuatnya kehilangan kesempatan untuk ambil untung.

Terus, harus gimana, dong? Dalio menyarankan kamu untuk menganalisis secara berkala tentang cara membuat keputusan investasi. Jangan lupa memikirkan skenario terburuknya, ya.

 

5. Menabung emas

Dalio ini terkenal sebagai investor yang menyukai emas. Menurut Dalio, emas punya keunggulan-keunggulan yang menarik banyak orang. Misalnya, diakui oleh banyak negara dan menjaga nilai investasi dari inflasi. Nggak cuma itu, risiko logam mulia ini pun lebih kecil daripada instrumen lainnya. Harga emas cenderung stabil ketika ekonomi memburuk. Harga logam mulia itu juga naik setiap tahun, lho!

Beda dengan uang tunai, emas ini nggak bisa begitu saja dicetak. Logam ini juga membantu investor untuk menjaga kekayaannya selama berabad-abad, lho! Apalagi, sekarang kamu nggak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli emas. Kamu bisa menabung emas sedikit demi sedikit. Membelinya pun sekarang gampang banget. Nggak melulu pergi ke toko, Sobat Treasury bisa membeli emas melalui aplikasi smartphone.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Treasury, platform yang tepat untuk investasi emas. Harga emas yang ditawarkan mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es campur durian, bukan?

Aplikasi ini menawarkan banyak keuntungan, lho, Sobat Treasury. Kamu mendapatkan jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi. Treasury ini sudah mengantongi izin dari BAPPEBTI dan sistem elektronik terdaftar di Kominfo. Jadi, legalitasnya tidak perlu kamu cemaskan. Aplikasi ini juga menggunakan dual verification, yaitu password dan PIN.

Fitur-fiturnya pun nggak kalah ciamik. Nggak cuma emas digital, kamu bisa membeli logam mulia batangan, perhiasan, dan koin emas Koin Nusantara di sini. Emas digital yang kamu punya pun bisa dijual sewaktu-waktu kapan pun sedang butuh.

Mau cetak aset digital ke logam mulia batangan pun bisa melalui fitur Cetak Emas. Gimana? Oke banget, kan, fitur-fitur Treasury? Yuk, investasi emas di Treasury sekarang!