5 Hal yang Harus Dipelajari Millennial dari Generasi X



Nilai-nilai generasi X yang super relevan hingga saat ini!

Walaupun kini generasi millennial menduduki usia produktif, namun ada beberapa hal yang bisa dipelajari dari nilai-nilai yang dibawa generasi sebelumnya, yaitu generasi X.

1. Disiplin

Generasi X yang terlahir antara tahun 1961-1980 terbiasa untuk melakukan segala sesuatu dengan kerja kerasnya sendiri. Memiliki ritme kerja yang disiplin, membuat generasi X lebih cekatan dan persisten dalam berkegiatan. Begitupun dalam menyiapkan masa depan, generasi X tidak memerlukan waktu lama untuk menentukan goal dan menyusun strategi dalam mencapainya. Keren, kan?

Sikap disiplin ini menjadi salah satu nilai positif untuk diambil oleh seluruh generasi, terutama millennial. Disiplin waktu dan disiplin finansial, misalnya. Berada dalam kategori usia produktif adalah saat yang tepat untuk menyusun prioritas dan disiplin dalam menjalankannya. Seperti dalam memutuskan untuk disiplin dalam menyimpan penghasilan sebagai investasi di masa depan

2. Menjunjung Tinggi Keamanan

Generasi X membuktikan bahwa keamanan atau sekuritas dan kondisi hidup yang nyaman adalah sesuatu yang wajar untuk dimiliki. Karenanya, generasi X tak segan bekerja keras untuk mewujudkan fasilitas-fasilitas yang mereka butuhkan untuk menjamin keberlangsungan hidup, seperti properti, transportasi, dan tabungan. Hal ini menjadi penting karena juga menyangkut masa depan keluarga. “Safety net” menjadi harga mati untuk dimiliki bagi para generasi X.

Terbiasa memiliki fasilitas dengan cara “menyewa” membuat millennial merasa cukup nyaman telah memenuhi aspek kehidupan yang ia butuhkan. Padahal, generasi millennial juga bisa, kok, memiliki aset berharga seperti properti dan kendaraan di usia muda seperti pada zaman generasi X terdahulu. Yang dibutuhkan adalah tekad dan kemampuan untuk melihat pentingnya keamanan di masa depan.

3. Goal Oriented

Ketika memutuskan ingin mencapai sesuatu, generasi X tergerak dengan tujuan yang sudah ditentukan. Dengan adanya “target” ini, kita menjadi lebih terpacu dalam mewujudkan impian. Jika sekarang kamu sedang ingin mengumpulkan modal untuk biaya kuliah S2, ingin memberangkatkan orang tua beribadah, memulai bisnis baru, ataupun menabung untuk biaya anak di masa depan, kamu bisa memulai dengan membuat goal yang jelas, atau yang lebih beken disebut #Lyfegoal.

Goal ini akan membuat kamu keep in track dalam mencapai tujuan. Begitupun jika kamu sedang mengumpulkan target finansial yang ingin kamu capai di tahun ini. Kini, mengecek tabungan bisa jauh lebih gampang karena bisa dioperasikan secara digital via aplikasi Treasury. Sudah download apps-nya? Unduh di Google Play, atau akses via website untuk mendapatkan seluruh kemudahannya!

4. Mempersiapkan Masa Depan

Coba hitung, berapa banyak teman-teman millennial yang telah memiliki rumahnya sendiri di usia 20-an? Kebanyakan generasi X telah memiliki fasilitas hidup di usia relatif muda. Bukan berarti millennial tidak memiliki penghasilan yang cukup, tetapi yang membuat berbeda adalah dari segi sudut pandang efisiensi pengaturan keuangan.

Riset yang dilakukan George Washington Global Financial Literacy Excellence Center terhadap 5500 milenial menunjukkan bahwa hanya 24% yang mengerti prinsip dasar keuangan. Nah, saatnya belajar mengubah mindset kita ke arah yang lebih produktif dalam perencanaan masa depan. Belajar mengatur keuangan merupakan kebutuhan, bukan keharusan. Tahu nggak kenapa? Karena jika tidak diatur dengan bijak, ketidakpastian finansial akan selalu membayangi kita setiap harinya. Nggak mau dong, sama yang nggak jelas.

5. Go-getter

Gercep! Generasi X terbiasa untuk gerak cepat dalam mengambil keputusan dan siap berkomitmen dengan apapun keputusan yang ia pilih. Termasuk ketika memutuskan untuk memiliki kebebasan finansial. Generasi X lebih jeli dalam melihat peluang. Gerak cepat ini ketika kamu memutuskan untuk #PunyaSimpenan. Di era sekarang ini, #PunyaSimpenan bisa dimulai dari nominal yang ringan, mulai dari Rp20.000, dan dapat diakses langsung dari smartphone kamu. Semakin cepat memulai memiliki investasi, maka semakin banyak pula bekal yang dimiliki untuk masa depan! Pastikan memilih platform tabungan emas yang aman dan terpercaya!