5 Hal Tips di Luar Nalar dari Robert Kiyosaki yang Bisa Bikin Kamu Sukses di Tahun Ini



Sobat Treasury, penulis buku keuangan terkenal 'Rich Dad Poor Dad', Robert Kiyosaki dikenal sebagai pakar investasi kontroversial dengan ide-idenya.  Kiyosaki adalah keturunan Jepang-Amerika yang lahir di Hilo, Hawaii. Dia melanjutkan pendidikan ke US Merchant Marine Academy segera setelah lulus dari Hilo High School. 

Dia lulus dari akademi sebagai perwira dek pada tahun 1969 dan dianugerahi Medali Udara ketika dia bertugas di Perang Vietnam sebagai pilot tempur.  Pada tahun 1975 Kiyosaki keluar dari Korps Marinir dan bekerja sebagai penjual mesin Xerox. Tiga tahun kemudian dia memulai perusahaannya sendiri yang menjual dompet peselancar Velcro. 

Kiyosaki adalah penulis lebih dari 26 buku, termasuk seri buku keuangan pribadi Rich Dad Poor Dad yang diterbitkan sendiri secara internasional yang telah diterjemahkan ke dalam 51 bahasa dan terjual lebih dari 41 juta kopi di seluruh dunia.

Buku keuangan klasiknya, Rich Dad Poor Dad, telah terjual sekitar 40 juta eksemplar, tetapi Kiyosaki tidak lepas dari kritik.  Para pengkritiknya mengklaim bahwa dia tidak kaya sebelum bukunya sukses dan bahwa seminar yang digelarnya mengajarkan taktik yang tidak sehat atau ilegal. Namun, Robert Kiyosaki masih bernilai sekitar US$ 100 juta, baik dari investasi maupun pemasaran yang hebat. Dia jelas memahami sesuatu tentang keuangan, apakah pendapatnya dapat dipercaya atau tidak.

Untuk urusan investasi dan manajemen keuangan, Kiyosaki terkenal dengan saran dan gagasan yang kontroversial, berikut 5 gagasan investasi di luar nalar dari Robert Kiyosaki:


 

1. Tunda Bayar Tagihan  

Jika memungkinkan, Kiyosaki mendorong orang untuk membeli aset atau menabung sebelum membayar tagihan. Ini berarti mengalihkan fokus dari pembayaran tagihan menjadi memiliki bisnis sendiri dan mendapatkan penghasilan pasif. Sehingga, pajak yang harus dibayar bisa lebih rendah daripada bekerja  Inti dari pendapatan pasif adalah melakukan pekerjaan dan investasi awal dan membiarkan uang tumbuh secara organik seiring waktu.

 

2. Sukses dengan Uang Orang Lain

Filosofinya ini tentunya bertentangan dengan kebijaksanaan konvensional. Di mana dia menekankan pentingnya tidak menggunakan uang sendiri untuk investasi melainkan memanfaatkan uang orang lain (other peole's money/OPM).

Strategi Kiyosaki melibatkan metode inovatif seperti crowdfunding dan peningkatan modal, yang memungkinkan keuntungan yang signifikan tanpa masukan finansial pribadi.  Pendekatan ini memerlukan keterampilan dalam membangun jaringan dan membangun hubungan dengan calon investor. Bisa juga menghasilkan modal melalui salah satu dari beberapa platform crowdfunding online. Konsep OPM bukan sekedar teori bagi Kiyosaki. Dia memulai perjalanan investasinya dengan sebuah kondominium satu kamar tidur senilai US$ 18.000 di Maui, Hawaii, yang dibiayai bukan dengan uangnya sendiri. 

 

3. Pelihara Rasa Takut

Menurut Kiyosaki, punya rasa ketakutan itu nyata. Setiap orang memilikinya. Dan setiap orang takut kehilangan uang, bahkan orang kaya sekalipun.

"Tidak ada yang suka kalah, tetapi seringkali garis pemisah antara juara dan pecundang abadi adalah bagaimana mereka menangani kegagalan ketika hal itu benar-benar terjadi. Demikian pula, perbedaan utama antara orang kaya dan orang miskin adalah bagaimana mereka mengelola ketakutan mereka," jelasnya. Ayah kaya saya memberi tahu saya bahwa jika saya ingin menjadi kaya, pertama-tama saya harus mengakui ketakutan saya dan kemudian mengatasinya. 

 

4. Jangan Takut Punya Utang

Menurut Kiyosaki, utang baik bisa membuat kamu kaya. Orang sering memandang utang sebagai hal yang buruk, tetapi tidak semua utang itu buruk seperti yang sering dikatakan oleh investor terkenal. Kamu dapat mengembangkan strategi untuk membuat utang menguntungkan kamu. Namun untuk melakukan itu, pertama-tama kamu perlu memahami apa yang membedakan utang baik dari utang buruk.

Kiyosaki menganggap hipotek sebagai hutang buruk ketika tidak menghasilkan pendapatan. Jika kamu memiliki hutang buruk, kamu harus memprioritaskan melunasinya. Belajarlah dari kesalahan kamu dan hindari berada di posisi yang sama lagi.

 

5. Tinggalkan Kebiasaan Menabung

Robert Kiyosaki juga menyarankan meninggalkan kebiasaan menabung dan beralih ke investasi. Ia mengajak untuk mulai memarkir uang di emas. Robert mengatakan saat ini harga emas telah mencapai level tertinggi baru. Dengan begitu berinvestasi di emas bisa mendatangkan pundi-pundi keuntungan.

"Kabar baik emas mencapai level tertinggi baru. Berita buruk: pekerja dan penabung adalah pecundang. Jangan menjadi pecundang," tulis Robert. 

Selain emas, Robert juga mengajak masyarakat untuk segera masuk ke aset investasi lainnya yaitu perak, hingga kripto seperti Bitcoin. "Keluarlah dari sistem uang palsu. Masuk ke emas, perak, Bitcoin sekarang sebelum terlambat," tuturnya.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an

Mengikuti saran dari Kiyosaki lebih baik memarkir uang di investasi emas ketimbang menabung. Kini, Sobat juga bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp 5.000an di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!