5 Buku Best Seller soal Investasi yang Wajib Kamu Baca!



Sobat Treasury, buat kamu yang mau jadi investor handal dan tak keliru membaca bagaimana dunia investasi ini bekerja, sambil belajar dari orang-orang sukses di dunia investasi, ada baiknya kamu membaca sejumlah buku best seller di dunia investasi.

 

1. The Richest Man in Babylon – George S. Clason

 

Buku ini mengajarkan prinsip-prinsip mendasar yang efektif tentang manajemen keuangan dan uniknya adalah pembelajaran ini adalah tentang kekayaan yang diperoleh di era kuno dan masih sangat relevan dengan masa kini. 

 

Beberapa poin penting dari buku ini antara lain, Poin pertama adalah bagaimana orang orang yang melakukan tindakan (take action) selalu pasti disukai oleh dewi keberuntungan. Buku ini juga menjelaskan bahwa kekayaan bukanlah masalah besarnya pendapatan. Untuk urusan investasi buku ini mengajarkan cara bertindak pada saat yang tepat serta jangan takut untuk bertindak. Peluang besar jarang terjadi dan tidak boleh dilewatkan.

 

2. Think & Grow Rich – Napoleon Hill

 

Berisi atas konsep-konsep rahasia untuk meraup kekayaan dan kesuksesan yang melimpah dalam hidup. Di sini penulis menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk meneliti 500 orang super kaya, untuk menunjukan kepada kita rahasia-rahasia tersebut. Buku karya Napoleon Hill ini memiliki kesimpulan, kunci dari kesuksesan ada dalam

diri kita sendiri dimana diri kita sendiri merupakan penentu dari jalan hidup yang kita jalani. 

 

Memiliki sinergi kemauan dan keyakinan yang pondasi keyakinan yang kokoh dan akan membentuk manusia yang sukses. Setelah itu dalam proses meraih “kesuksesan” tersebut kita sebagai makhluk sosial memerlukan dukungan dari sosial atau orang lain dan dari sana terbentuklah ahli pikir yang bisa aktif memberikan bantuan seperti memberi saran, kritik, dan semangat dalam proses meraih sebuah kesuksesan.  

 

3. Psychology of Money – Morgan Housel

 

Pada buku ini menjelaskan bahwa psikologis seseorang memiliki pengaruh besar terhadap kondisi keuangannya dan terhadap perilaku investasinya. Buku ini ditulis oleh mantan kolumnis Wall Street Journal.  Dari 262 halaman itu, Morgan Housel sebagai penulis buku The Psychology of Money membuat 19 cerita pendek. 

 

Setiap cerita pendek yang ada di dalam buku ini selalu berkaitan dengan uang dengan manusia. Selain itu, penulis membuat cerita pendek dengan menggunakan sudut pandang perilaku manusia, sehingga setelah selesai membaca buku ini, pembaca akan menemukan sudut pandang baru dalam menyikapi uang yang dimiliki.

 

4. The Intelligent Investor - Benjamin Graham

 

Buku karya Benjamin Graham ini diterbitkan pada tahun 1949 dan sampai sekarang masih menjadi buku yang diincar para investor. Buku ini menjabarkan siapa saja bisa jadi investor karena tidak membutuhkan IQ di atas rata-rata. Investor hanya perlu menyusun rencana yang sistematis dan menjaga emosi semampunya. Benjamin Graham juga menjelaskan bagaimana caranya mengatur portofolio investasi secara cermat. 

 

Graham juga berusaha memperingatkan tentang keserakahan. Dalam dunia investasi orang yang paling ingin cepat kaya adalah orang yang paling banyak menerima kerugian. Dalam buku ini Graham menekankan pada metode Dollar Cost Averaging (DCA) alias investasi rutin per bulan atau per tahun dengan nilai yang sama. Graham ingin mengganti aksi tebak-tebakan dengan kedisiplinan dalam investasi. Pilih saham sesuai kriteria Graham dan belilah secara rutin.

 

5. Rich Dad, Poor Dad - Robert Kiyosaki

 

Menjadi best seller secara global untuk buku investasi dan buku bisnis. Pada buku ini menjelaskan tentang perbedaan antara orang kaya dan orang miskin dalam masalah keuangan. Penulis juga berbagi tentang motivasi dan cara-cara praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah keuangan.

 

Ada kalimat yang menggelitik tersaji di buku ini, yaitu Kiyosaki berpandangan bahwa orang kaya bekerja untuk belajar, bukan demi uang. Kiyosaki menekankan pentingnya mengelola uang untuk mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, buku ini cocok dijadikan acuan dalam mengelola keuangan yang cerdas. Muatan buku Rich Dad, Poor Dad berisi tentang perbandingan pemikiran keuangan antara ayah yang kaya dengan miskin.

 

Robert Kiyosaki juga banyak mengajarkan tentang pentingnya investasi emas. Robert Kiyosaki adalah penganut ‘garis keras’ bahwa investasi emas itu adalah keajaiban milik Tuhan. Dia bahkan tak peduli harga emas naik atau turun sekalipun. “Saya investor, bukan trader. Bagi saya, emas, perak dan bitcoin adalah uang yang nyata. Emas adalah uangnya tuhan,” ujar Robert Kiyosaki dalam salah satu pernyataannya.

 

Investasi Emas Tak Perlu Modal Besar! Bisa Mulai dari 5 ribuan

 

Sobat Treasury, tentunya kamu sepakat bahwa investasi adalah jalan ninja untuk sukses, dan investasi emas jadi salah satunya seperti yang disarankan oleh salah satu penulis buku di atas, dan tak diragukan lagi bahwa emas adalah instrumen investasi jangka panjang. Saat ini bahkan kamu bisa investasi emas tanpa harus modal besar yaitu investasi emas digital. Kamu bahkan bisa investasi mulai dari Rp5 ribuan.   

 

Dengan Panen Emas, kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a! Jadi kamu bisa mendapatkan double cuan melalui bunga dari Panen Emas dan juga pertumbuhan aset emas setiap tahunnya!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!