4 Tips Investasi dari Robert Kiyosaki Bikin Kamu Cepat Kaya



Sobat Treasury, pernah mendengar nama Robert Kiyosaki? Dia adalah seorang investor sekaligus penulis buku Rich Dad, Poor Dad dan Why The Rich Getting Richer. Penasaran seperti apa tips investasi dari Robert Kiyosaki?

Sebelum membahas tipsnya, mari kita lihat siapa itu Robert Kiyosaki. Dia adalah seorang mantan tentara. Dia pernah bertugas di Perang Vietnam sebagai penembak senjata helikopter. Usai menjadi tentara, pria kelahiran Hawai, AS,  Kiyosaki beralih menjadi sales di Xerox Corporation dan belajar tentang bisnis dan keuangan.

Pada 1970-an, Kiyosaki mendirikan perusahaan Rippers serta berjualan dompet nilon dan peralatan berselancar. Tapi, bisnisnya bangkrut tidak lama kemudian. Nggak kapok, dia membuat bisnis baru pada 1980 dan melirik usaha kaos untuk band rock. Lima tahun kemudian,usahanya gulung tikar.

Sembari membangun bisnis, Kiyosaki ini terjun ke pendidikan keuangan dan sering mengisi seminar-seminar. Dia ingin orang-orang memiliki literasi keuangan dengan baik.  Nah, di sinilah namanya naik daun. Pada 1994, Kiyosaki pensiun dari dunia bisnis dan beralih menjadi investor dan penulis. Ada beberapa buku yang dia tulis, yaitu Rich Dad, Poor Dad dan.

Sekarang, mari kita simak apa saja tips investasi dari Robert Kiyosaki.

 

Bekali Diri dengan Pendidikan Finansial

Tips investasi dari Robert Kiyosaki yang pertama adalah membekali diri dengan pendidikan keuangan. Pendidikan keuangan menjadi kunci agar investasi bisa sukses. Dengan ilmu keuangan, kamu bisa mengelola investasi dengan lebih baik.

Dengan ilmu, setidaknya kamu punya “pegangan” untuk bisa mengendalikan keuangan dengan baik. Dia mengingatkan bahwa tidak ada yang lebih peduli dengan uangmu daripada diri sendiri.

 

Belajar dari Kesalahan 

Sobat Treasury, investasi ini memang memerlukan kesabaran dan nggak jarang bisa gagal. Untuk itu, tips investasi dari Robert Kiyosaki yang kedua adalah meminta kamu belajar dari kesalahan. 

Nah, Kiyosaki menyarankan kamu untuk tidak patah semangat dan bangkit. Jangan takut untuk mencoba lagi, lagi, dan lagi sampai upayamu membuahkan hasil. Ketika investasi gatot alias gagal total, jangan terlalu larut dalam kesedihan. Kamu bisa bangkit dan menenangkan diri. Setelah itu, evaluasi apa yang membuat usahamu ini nggak berhasil.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan pakar. Mereka bisa mengajarkanmu dos and donts agar uangmu tidak melayang sia-sia.

 

Anggarkan untuk Diri Sendiri

Meskipun sudah memutuskan investasi, sebaiknya Sobat Treasury menyisihkan uang untuk diri sendiri. Kamu bisa menyisihkan 30 persen gaji untuk hiburan. Anggaran ini bisa kamu pakai untuk beli kuota internet, jalan-jalan, makan di luar, atau bayar layanan streaming film.

 

Biarkan Uang Bekerja untuk Kamu

Mau jadi kaya? Tips investasi dari Kiyosaki yang terakhir adalah membiarkan uang bekerja untukmu. Caranya dengan berinvestasi. Investasi ini akan membuat uangmu beranak-pinak sehingga uangmu bisa terkumpul dengan cepat. Untuk investasi, kamu bisa menganggarkan 10 persen dari penghasilan bulanan.

Kiyosaki pun menyarankan kamu untuk berinvestasi ke aset yang bisa menghasilkan kekayaan. Emas jadi pilihan yang tepat karena harganya naik setiap tahun dan juga bisa menjadi safe haven.

Apa itu safe haven? Ini merupakan istilah kepad aset yang tidak berkaitan dengan portofolio investasi lain ketika terjadi ketidakpastian di pasar keuangan. Nah, aset ini “melindungi” investor karena harganya cenderung lebih stabil ketika terjadi gejolak ekonomi atau politik. Karena jadi favorit saat situasi tidak pasti, nggak heran harga logam mulia itu justru melonjak ketika terjadi krisis ekonomi.

 

Harga Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Mau investasi emas? Treasury jadi pilihan yang tepat bagimu. Platform ini menawarkan logam mulia dengan harga yang ramah di kantong. Mulai dari Rp5 ribu, kamu bisa langsung mengantongi emas. Lebih murah daripada segelas es krim susu kekinian, kan? 

Selain itu, ada banyak keuntungan yang Treasury berikan. Kamu nggak perlu meragukan legalitas dan keamanan aplikasi ini. Platform emas digital ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistemnya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu password dan PIN. 

Ada banyak fitur yang bisa kamu nikmati. Misalnya, Rencana Emas yang bisa kamu gunakan untuk merencanakan keuangan. Fitur itu menyediakan simulasi perhitungan jumlah emas yang harus kamu tabung agar tujuan financial bisa tercapai tepat waktu.

Mau punya logam mulia batangan? Kamu bisa mencetak emas digital ke bentuk fisik mulai dari 0,1 gram dengan fitur ini.

Gimana? Menarik kan? Yuk download Treasury sekarang!