4 Langkah Mudah Atur Gaji ke-13 PNS Biar Nggak Cepat Habis



Kabar gembira bagi Sobat Treasury yang bekerja sebagai PNS. Pemerintah akan mencairkan gaji ke-13 mulai 5 Juni 2023. 

Apa itu gaji ke-13? Gaji ini merupakan tunjangan yang diberikan sebagai penghargaan dan insentif terhadap kinerja dan dedikasi PNS sebagai aparatur negara. Pemberian gaji ini bertujuan untuk menaikkan semangat dan kesejahteraan PNS. Dengan begitu, para abdi negara ini bisa melayani masyarakat dengan lebih baik.

Selain itu, pembayaran gaji ke-13 juga bertujuan untuk membantu para PNS untuk membayar biaya sekolah anak karena berdekatan dengan tahun ajaran baru. Pemerintah juga berharap pencairan gaji ini bisa menggerakkan ekonomi.

 

Isi Gaji ke-13 

Gaji ke-13 ini berisi gaji pokok dan tunjangan-tunjangan lain seperti tunjangan keluarga, kinerja, dan transportasi.

Para penerima gaji ke-13 ini tidak hanya PNS, tetapi juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), TNI/Polri, pejabat negara, pensiunan, dan penerima tunjangan. Anggaran gaji ke-13 ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk ASN pusat dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk ASN daerah.

Kamu dapat gaji ke-13? Yuk kita atur biar nggak menguap. Ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola gaji ini.

 

Anggap Saja Seperti Gaji Biasa

Pakar keuangan menyarankan kamu untuk menganggap gaji ke-13 sebagai gaji biasa. Kamu sebaiknya menempatkan gaji ke-13 PNS ke hal-hal yang penting. Misalnya, kamu bisa mengalokasikan sebagian untuk simpanan seperti dana darurat dan investasi.

 

Bayar Hutang

Kamu ada hutang? Sobat Treasury bisa melunasinya dengan gaji ini. Misalnya, cicilan kartu kredit, kasbon, atau pinjam uang ke teman. Kalau pinjaman sudah lunas, keuangan kamu tidak akan terbebani lagi.

 

Bentuk Dana Darurat 

Dana darurat memang penting banget untuk kita punya. Dana ini bisa menutup kebutuhan darurat seperti kendaraan masuk bengkel sehingga harus keluar uang untuk bayar servis. Atau, ada anggota keluarga yang sakit dan harus rawat inap.

Banyaknya dana darurat ini sejumlah 6-12 kali pengeluaran bulanan. Misalnya, gaji kamu Rp5 juta serta sudah berkeluarga dan punya dua anak. Dana darurat yang kamu perlukan sebanyak Rp60 juta. Idealnya, anggaran dana darurat dari gaji itu sebanyak 20 persen.

Karena kamu punya gaji ke-13, Sobat bisa membaginya sebagian untuk dana darurat. Dengan begitu, pos ini bisa semakin cepat terkumpul.

 

Investasi

Yang terakhir adalah investasi dengan gaji ke-13 PNS. ASN memang dapat pensiun untuk hari tua. Tapi, tak ada salahnya, kan, kalau investasi untuk masa depan? Selain itu, investasi juga bisa kamu gunakan untuk menggapai tujuan finansial lainnya, kok. Misalnya, beli rumah, berangkat umroh, atau liburan ke luar negeri bareng keluarga.

Mau investasi? Emas jadi pilihan yang cocok bagimu. Selain tahan karat dan nilainya aman dari inflasi, harganya cenderung stabil. Bahkan, terus naik setiap tahun. Logam mulia ini juga lebih likuid alias gampang dicairkan. Makanya nggak jarang jadi dana darurat oleh banyak orang.

 

Investasi Emas Mulai dari Rp5 Ribu

Bicara emas, Treasury jadi platform yang tepat untuk investasi. Harga emas yang ditawarkan mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es krim kekinian, kan?

Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password. 

Banyak fitur ciamik yang Treasury sediakan untuk kamu. Misalnya, Sobat Treasury bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan melalui Cetak Emas. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat melalui fitur Jamimas. 

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!