4 Langkah Mengatur Gaji UMR🧐



Tahun 2019 lalu, UMR alias Upah Minimum Regional di semua daerah naik sebesar 8,51%. Kabar baik? Tentu saja, tapi ingat… kenaikan ini juga pastinya diikuti sama kenaikan inflasi, yang sukses bikin semua harga naik dan nilai uang cenderung menurun. Meski begitu, kamu tetap bisa kok jalani hidup yang nyaman tanpa kekurangan uang, walau gaji masih UMR.

1. Bikin Pos Pengeluaran

Biar mudah, coba ikuti cara Goldy ya! Buatlah 5 jenis pos pengeluaran yang sesuai sama kebutuhan:

  1. Pos Hutang/Cicilan, ini maksimal 30% dari total gaji kamu ya. Cicilan ini termasuk, KTA jika ada, cicilan HP hingga rumah, mobil hingga cicilan ensiklopedia si kecil.

  2. Pos Tabungan/Investasi, jumlahnya sebesar 10-30% gaji dan nggak boleh kurang ya! Biasakan menabung di awal bulan, tepat begitu gaji baru ditransfer biar nggak berasa beratnya.

  3. Pos Sosial, ini termasuk zakat, donasi dan semua yang sifatnya sosial. Besarnya, disesuaikan sama kewajiban saja sih. Dari 2,5% untuk yang muslim atau persepuluhan untuk yang nasrani. Again, langsung sisihkan di awal bulan ya. Anggap lah sebagai pembersih harta kamu.

  4. Pos Kebutuhan Rutin, buat bayar listrik, transportasi, makan selama sebulan, bayaran sekolah dan lain-lain yang wajib dibayar tiap bulan. Maksimal banget 40% dari gaji kamu ya. Kalau kelebihan, coba dicek lagi, ada yang bisa dikurangikah? Misal, beli paket internet yang paling mahal demi bisa nge-game tanpa nge-lag, walau penting untuk kesehatan jiwa tapi mungkin bisa di-tone down dikit demi ngirit

  5. Pos Lifestyle, hidup hemat bukan berarti nggak bisa nongkrong-nongkrong sama teman kok. Sesekali boleh banget, asal tidak lebih dari 20% gajimu ya.


2. Jangan Tunda Menabung

Gaji kecil bukan halangan untuk #PunyaSimpenan, karena di Treasury kamu bisa beli Emas mulai dari Rp5000an! Apa artinya? Bahwa bahkan dengan gaji pas-pasan, kamu bisa menyisihkan untuk menabung. Ya tentunya memang harus kurangi hedon ya.


3. Kumpulkan Dana Darurat

Kadang, kamu jadi susah nabung karenanggakpunya tujuan spesifik. Coba deh, mulai kumpulin dana darurat, karena ini penting banget buat jadi safe net kamu di masa mendatang. Biar lebih mudah, coba gunakan fitur Rencana Emas di Treasury deh, tinggal beli Emas, nanti Goldy bantu aturin tiap bulannya!


4. Simpan Dana di Beberapa Tempat

Maksudnya sih, biar rencana keuangan yang sudah kamu buat tidak berantakan. Kamu bisa bikin menaruh uangmu dalam beberapa amplop atau rekening, misal amplop khusus uang belanja atau amplop khusus uang jajan. Jika uangnya sudah habis, ya kamu harus stop berbelanja. Biar nggak ribet dan nggak kena biaya admin karena punya beberapa rekening, cobain fitur Rencana Emas Treasury deh, kamu bisa tuh bikin pos-pos tabungan yang memang dibutuhkan.