4 Langkah Jitu Jadi Wanita Mandiri Finansial Bagi yang Single



Pernah mendengar istilah wanita mandiri secara finansial, Sobat Treasury? 

Ya istilah ini merujuk kepada perempuan yang bisa menghasilkan uangnya sendiri dan bisa mengelolanya. Ditambah lagi, wanita ini sanggup membuat keputusan keuangan dan membuat rencana keuangan jangka panjang. 

Wanita yang mandiri secara keuangan ini punya banyak manfaat. Misalnya, bisa terhindar dari lilitan hutang saat terjadi musibah karena sudah menyiapkan dana darurat. Dia juga bisa tak perlu risau dengan masa tua karena sudah mengumpulkan dana pensiun dari jauh-jauh hari. 

Kamu ingin menjadi wanita mandiri secara keuangan? Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjadi perempuan single yang tidak bergantung kepada orang lain secara keuangan?

 

Amankan Diri Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan diri aman terlebih dahulu dengan memiliki “jaring pengaman” terlebih dahulu. Setidaknya kamu punya BPJS Kesehatan atau lainnya untuk menjamin biaya pengobatan dan perawatan ketika sakit. Dengan memiliki ini, kamu bisa bernapas lega untuk urusan biaya berobat. Jangan lupa membayar rutin asuransinya, ya!

 

Sudah Punya Dana Darurat?

Wanita single biasanya lebih mandiri dan tidak mau bergantung kepada orang lain. Tentu saja kemandiriannya ini juga ditopang oleh keberadaan dana darurat. Dana ini penting banget kamu punya, Sobat Treasury. Tujuannya untuk menutup kebutuhan darurat, seperti biaya servis mobil karena terendam banjir atau ada anggota keluarga yang dirawat inap karena sakit.

Jumlah dana darurat ini sebanyak 6 kali pengeluaran bulanan. Lebih baik menghimpunnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk investasi. Karena jumlahnya sangat banyak, kamu bisa menyisihkan 20 persen penghasilan untuk simpanan dana darurat.

 

Siapkan Budget Kencan Biar Nggak Boncos 

Menjalin hubungan tidak akan membuatmu bangkrut. Ini akan terjadi kalau kamu punya budget kencan. 

Berapa, sih, idealnya budget buat pacarana? Sebaiknya kamu menyisihkan 5-15 persen dari pendapatan bulanan. Misalnya, gaji kamu Rp3 juta dan anggaran pacaran sebanyak Rp150 ribu-Rp450 ribu dalam sebulan. Saat pacaran, sah-sah saja kalau kalian ingin split bill ketika sedang pergi berkencan. Ini bukan berarti pelit, lho!

Jika berencana akan menikah beberapa tahun ke depan, lebih baik mulai menyiapkan biaya pernikahan dari sekarang. Sobat Treasury bisa menyisihkan uang sebanyak 20 persen dari gaji. Agar terkumpul makin cepat, kamu bisa mengalokasikannya ke investasi.

 

Siapkan Investasi untuk Masa Depan

Selain dana darurat, ada pos lain yang nggak kalah penting, nih, Sobat Treasury, yaitu masa depan. Mengapa menyiapkan keuangan untuk masa depan itu nggak boleh dianggap sepele?

Investasi akan membantumu untuk hidup lebih tenang tanpa harus memikirkan biaya hidup ketika sudah pensiun. Investasi pun juga bisa menghindarkan kamu dari lilitan utang dan melatih untuk mengelola uang dengan teratur.

Sobat Treasury bisa memilih instrumen yang rendah risiko untuk investasi jangka menengah dan panjang, misalnya investasi emas.

 

Mengapa?

Logam mulia itu punya banyak kelebihan, Sobat Treasury. Tidak hanya tahan karat, nilai emas ini terjaga dari inflasi sehingga nggak bakal tergerus.

Harganya pun cenderung stabil jika dibandingkan dengan instrumen lainnya. Meskipun stabil, harga emas naik setiap tahun, lho! Jadi, aman buat kamu yang memutuskan untuk berinvestasi.

 

Treasury, Platform yang Tepat Untuk Investasi Emas

Sobat, Treasury jadi pilihan yang tepat untuk investasi. Harga emas yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es kopi kekinian, kan?

Platform emas digital ini menawarkan fitur-fitur yang nggak kalah menarik dan worth banget untuk kamu coba. Misalnya, Rencana Emas yang siap membantumu untuk merencanakan keuangan. Fitur itu berisi kalkulator dan simulasi untuk menghitung jumlah emas yang harus ditabung agar tujuan keuangan bisa tercapai tepat waktu. Kamu juga bisa membeli emas fisik di Treasury. Koleksi perhiasan dari UBS Lifestyle dan Lumine siap mempercantik penampilanmu.

Sobat juga bisa membeli koin emas Koin Nusantara dengan desain yang menawan. Ingin cetak emas digital menjadi emas batangan juga bisa, lho! 

Keamanan dan legalitas aplikasi ini juga nggak kaleng-kaleng. Treasury sudah mengantongi izin Bappebti dan sistem elektroniknya juga terdaftar di Kominfo. Kepemilikan emasnya pun terjamin di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dimiliki.

Menarik banget, kan, fitur-fitur Treasury? Makanya yuk investasi emas di Treasury sekarang!