4 Kebiasaan Baik Ini Bisa Bikin Kamu Terbebas dari Masalah Keuangan



Pernah mendengar nasihat dari orang tua bahwa kebiasaan baik akan membawamu ke masa depan yang baik juga? Ya, ada banyak kebiasaan-kebiasaan yang perlu ditanamkan sedari sekarang karena bisa menghindarkan kamu dari masalah keuangan.

Memang ada banyak hal-hal baik yang terlihat sepele. Tapi, kalau dibiasakan, itu akan membantumu untuk membuat masa depan yang lebih cerah. Misalnya, mencatat pengeluaran harian. Tak sedikit orang meremehkan kebiasaan ini. Padahal, catatan keuangan ini bisa membantumu untuk menge-track semua uangmu pergi. Jadi, nggak ada lagi pertanyaan: kok duit cepet habis, ya, kayak air? 

Selain mencatat pengeluaran, kebiasaan baik apa saja yang perlu ditanamkan agar Sobat Treasury tidak mengalami masalah finansial ke depannya?

Pertama, nggak berutang. Memang tidak sedikit orang menyelesaikan masalah keuangan dengan utang, apalagi untuk urusan konsumtif. Padahal, utang yang tidak dikelola dengan bijak bisa berakibat fatal, lho. Selain mengganggu keuangan, jeratan utang yang menumpuk juga bisa membuat kita mengalami depresi.

Jika kita membiasakan diri untuk tidak berhutang dan mengerem keinginan untuk beli ini dan itu yang bersifat konsumtif, dompet kamu lama-lama full senyum. Tabungan dan investasimu bisa “bernapas lega” karena nggak perlu dibobol untuk bayar utang.

Kedua, mencatat pengeluaran. Mencatat pengeluaran memang terlihat seperti pekerjaan yang sepele dan sering diremehkan banyak orang. Padahal, catatan pengeluaran ini bisa membantumu untuk melacak ke mana uangmu pergi. Misalnya, dalam sehari kamu mengeluarkan uang Rp20 ribu untuk transportasi online, Rp10 ribu jajan seblak, dan Rp5 ribu untuk sedekah. Jadi, kamu bisa tahu penyebab kalau uangmu menguap dengan cepat. Tidak hanya itu, catatan pengeluaran juga siap membantumu untuk mencoret pengeluaran yang bisa dikurangi dan dihilangkan. Jadi, kamu bisa lebih berhemat.

Ketiga, berhemat. Kebiasaan hemat juga membawa manfaat bagi masa depan. Dengan pola hidup hemat, kamu berhati-hati dalam membelanjakan uang. Kita hanya mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan. Dengan berhemat, kita bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung. Serta, terhindar dari perilaku boros yang bisa merusak keuangan.

Keempat, rajin menabung. Kita sering mendengar nasihat dari orang tua dan guru agar rajin menabung sedari kecil. Sobat Treasury bisa menyisihkan paling sedikit 10 persen dari gaji setiap ban untuk ditabung. Angka ini bisa dinaikkan kalau penghasilanmu cukup besar.

Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Biarpun uang yang kita tabung ini belum seberapa, asalkan rutin, jumlah uang yang disimpan akan menjadi banyak. Ini pun juga sama apabila kamu menabung emas. Logam mulia yang dibeli sedikit demi sedikit, akan memberikan keuntungan bagimu.

Selain gramasinya bertambah, Sobat Treasury juga akan mendapatkan kebaikan-kebaikan emas, seperti nilai aset tidak berkurang dari inflasi. Kamu juga berpeluang mendapatkan cuan dari harga jualnya (ingat, walaupun cenderung stabil dibandingkan dengan instrumen lainnya, harga emas naik setiap tahun).

Apalagi, kalau kamu menabung logam mulia di Treasury. Aplikasi smartphone ini menawarkan fitur Treasury Rewards yang bisa memberikanmu keuntungan berlebih dari menabung emas.

Sobat akan mendapatkan Treasury Box setelah beli emas di fitur Beli Emas dan Panen Emas. Ini bisa kamu dapatkan kalau membelinya tanpa promo atau voucher apa pun.

Kamu juga bisa mendapatkan harta karun itu kalau sudah menyelesaikan misi. Misinya apa saja? Contohnya, melengkapi profil, mengundang teman agar ikut menggunakan Treasury, dan daily check in. Kalau pernah mengakses fitur ini, Treasury Box juga bisa didapatkan, lho.

Salah satu yang disediakan oleh Treasury Box ini adalah koin. Setiap keping koin bernilai Rp1. Semakin banyak menabung emas, koin yang didapatkan akan semakin banyak. Kamu bisa menukarkannya dengan produk yang ditentukan Treasury kalau sudah sesuai.

Sobat jangan lupa terus mengecek rutin koin yang kamu punya. Koin ini punya masa kedaluwarsa. Kan, sayang kalau hangus sebelum ditukar. 

Gimana? Oke, kan, program Treasury Rewards yang dimiliki Treasury. Makanya, yuk, download aplikasi Treasury sekarang biar bisa ngumpulin koin dari sekarang!