4 Fakta Unik Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022



Belakangan ini, nama Qatar melambung, terutama sejak Piala Dunia 2022 digelar belum lama ini. Ya, salah satu negara di Timur Tengah ini menjadi tuan rumah perhelatan sepak bola bergengsi dunia. Sebagai tuan rumah, negara ini menggelontorkan dana sebanyak US$220 miliar untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Angka ini 15 kali lebih besar daripada pengeluaran Rusia untuk Piala Dunia 2018. Tidak heran kalau Piala Dunia 2022 menjadi yang termahal sepanjang sejarah.

Memang, hajatan sepak bola terbesar di dunia ini merupakan yang pertama kali digelar di Timur Tengah. Pemerintah Qatar jor-joran ketika membangun sederet proyek infrastruktur untuk Piala Dunia, termasuk jalan, hotel, dan stadion.Bicara soal Qatar, selain event Piala Dunia, ada, lho, fakta-fakta menarik seputar negara tersebut. Penasaran? Berikut ini rinciannya.

 

1. Dulunya Negara Miskin, Sekarang Kaya

Beberapa puluh tahun yang lalu, Qatar merupakan negara yang miskin. Negara ini merupakan daerah nelayan yang ke dalam protektorat Inggris. Pada 1971, Qatar merdeka. Kemudian, mereka menemukan salah satu cadangan gas alam cair (liquid natural gas/LNG) terbesar ketiga di dunia, setelah Rusia dan Iran. Cadangan LNG di sana mencapai 900 triliun kaki kubik. Ini yang menjadikan tetangga Arab Saudi ini sebagai eksportir LNG terbesar di dunia. Dari minyak dan gas, pendapatan per kapita negara ini mencapai lebih dari US$100 ribu. Angkanya melampaui Amerika Serikat dan Inggris. 

Dengan penerimaan sektor migas, pemerintah Qatar menggratiskan biaya pendidikan, kesejatan, air, dan listrik. Ada juga bantuan perumahan untuk rakyat dan jaminan pendidikan untuk warganya. Dengan penerimaan ini pula, pemerintah setempat bisa berekspansi bisnis ke luar negeri. Misalnya, Qatar punya saham di Shard, London, Inggris, serta toko serba ada Harrods.

 

2. Jumlah Miliarder Banyak Banget

Jumlah miliarder di Qatar ini nggak main-main. Menurut Boston Consulting Group (BCG) Global Wealth tahun 2014, tercatat dari 1.000 orang di Qatar, ada 175 di antaranya yang merupakan miliarder. Jumlahnya melebihi miliarder di Swiss yang 127 orang di antara 1.000 orang Swiss merupakan miliarder dan Singapura dengan 100 dari 1000 orang di sana adalah orang-orang kaya.

Siapa saja miliarder Qatar? Sebut saja Abdullah bin Mohammed bin Saud Al Thani. Al Thani merupakan duta besar Qatar untuk Jerman. Miliarder Qatar berikutnya adalah Ahmed bin Saeed Al Maktoum yang merupakan Presiden Otoritas Penerbangan Sipil Dubai dan CEO Emirates Group. Selanjutnya, CEO Qatar Petroleum, Saad Sherida Al Khabi.

 

3. Biaya Hidupnya Wow Banget

Sebagai salah satu negara terkaya, upah minimum di Qatar selama sebulan mencapai 1000 riyal Qatar (Rp3,9 juta). Akan tetapi, sebagian besar gaji di sana jauh melampaui UMR. Ada tunjangan yang diberikan perusahaan kepada para karyawannya, seperti makanan dan perumahan.

Bagaimana dengan biaya hidup di sana? Untuk tempat tinggal, kamu perlu mencermatinya. Misalnya, sewa apartemen selama sebulan menelan biaya rata-rata 6 ribu riyal (Rp23,4 juta). Belum lagi rata-rata biaya listrik, gas, dan air sebesar QR250 (Rp977,5 ribu) sebulan. Biaya ini bisa naik ketika musim panas karena penduduknya memerlukan AC untuk mendinginkan udara. Lalu, biaya makan di sana rata-rata sebanyak QR34 (Rp132,9 ribu) untuk membeli makanan seperti roti, susu, dan telur. Untuk ongkos transportasi, Sobat Treasury bisa merogoh kocek QR3-QR7 (Rp11 ribu-Rp39 ribu).

 

4. Ada Wisata Gurun

Qatar menawarkan beragam wisata menarik. Salah satunya, padang pasir. Area Timur Tengah ini memang memiliki padang pasir. Rasanya kurang afdhol kalau kamu berkunjung tanpa “menyapa” gurun. Di sana, ada banyak paket wisata yang menawarkan jelajah padang pasir. Mungkin kamu tertarik untuk mencobanya. Selanjutnya, negara itu juga punya tempat wisata ikonik lainnya, seperti Souq Waqif. Pasar yang bangunannya bergaya tradisional ini merupakan “surga belanja” bagi para turis. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh di sana dengan harga yang terjangkau.  

 

Duh Jadi Pengen Jalan-jalan ke Qatar

Kepengen jalan-jalan ke Qatar? Persiapan jalan-jalan ke luar negeri tentu memerlukan banyak persiapan. Misalnya, mem-booking jadwal cuti, mengurus visa dan paspor bagi yang belum punya, serta yang paling penting…ada duitnya.

Untuk mempersiapkan dana jalan-jalan ke Qatar, kamu bisa menabung. Mau yang lebih cepat? Sobat Treasury bisa melirik investasi. Investasi ini bisa membuat uangmu beranak pinak, lho. Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu lirik adalah emas. Selain risikonya rendah, harga emas ini bisa naik setiap tahun. Logam mulia ini pun juga mudah banget untuk dijual.

Apalagi, sekarang, membeli emas nggak pakai mahal. Dengan uang recehan, kamu sudah bisa membeli emas. Aplikasi emas digital seperti Treasury, menawarkan logam kuning dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5 ribu. Murah banget, kan?

 

Nggak Cuma Jual Emas 

Treasury juga menawarkan fitur ciamik untuk membantumu mengumpulkan uang untuk jalan-jalan. Fitur Rencana Emas bisa memberi tahu berapa banyak emas yang harus ditabung agar dana jalan-jalan ke Qatar bisa terkumpul tepat waktu.

Treasury tidak hanya menawarkan jual beli emas, tetapi juga memberikan fitur-fitur menarik lainnya, seperti Cetak Emas untuk mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan. Ditambah lagi ada koleksi perhiasan UBS Lifestyle yang bisa membuat penampilanmu makin kece badai.

Tertarik, kan? Yuk investasi emas di aplikasi Treasury sekarang!