4 Fakta Tersembunyi Kuning Emas di Semarak Perayaan Imlek



Saat perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya masyarakat Tionghoa akan melakukan ibadah di kelenteng dan juga mempertunjukkan tarian Barongsai. Di sisi lain, perayaan Tahun Baru Imlek juga identik dengan berbagai makanan dan jajanan yang memiliki ciri khas. Contohnya seperti kue keranjang, jeruk mandarin, manisan dan permen. 

Dalam sejarahnya, perayaan Imlek adalah pesta untuk menyambut datangnya musim semi. Karena mayoritas penduduk Tiongkok kala itu menggantungkan hidupnya dari bertani. maka daripada itu, perayaan Imlek dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur atas rejeki selama setahun ini dan berharap kemakmuran akan datang pada tahun depan. 

Namun ada yang menimbulkan rasa penasaran bagi masyarakat awam.  Mereka seringkali bertanya mengapa Imlek selalu identik dengan warna merah dan kombinasi warna kuning emas?

 

1. Simbol Keberuntungan

Menurut prinsip feng shui, warna emas dapat membantu mewujudkan keberuntungan dan juga memainkan peran penting dalam menarik uang. Furnitur dan elemen dekoratif, kaya dengan detail emas dan merupakan elemen kuat dari estetika Tiongkok. Emas sangat penting saat mendekorasi rumah sehingga mewujudkan kemakmuran dan keamanan.


 

2. Lambang Keagungan  

Warna kuning atau keemasan memiliki makna keagungan dan kewibawaan dan melambangkan kehangatan, kesejahteraan, kekayaan dan kebahagiaan dalam kebudayaan Tionghoa. Kuning keemasan juga dianggap sebagai lambang kemakmuran. Dengan demikian, warna kuning dan emas diharapkan dapat membawa aura positif bagi masyarakat. Warna ini kerap menghiasi istana kerajaan altar dan kuil-kuil, seta digunakan dalam jubah dan pakaian para kaisar.

 

3. Aura Positif

Penggunaan warna kuning emas diharapkan bisa membawa aura positif bagi masyarakat. Warna kuning emas dan merah pun dipadukan dalam berbagai ornamen, pakaian, dan bergam hal yang menghiasi Imlek. Sedangkan warna merah melambangkan kebahagiaan. 

 

Kuning emas  dalam bahasa Mandarin mewakili unsur bumi. Kuning menandakan netralitas dan keberuntungan dan itulah mengapa warna ini sering dipadupadankan dengan warna merah. Warna kuning dalam budaya Tionghoa juga secara tradisional melambangkan kekuasaan, royalti dan kemakmuran. Di masa Imperial China, kuning adalah warna Kaisar. 

 

4, Kuning Pusat dari Segala Hal 

Kuning dianggap sebagai warna paling indah. 'Kuning menghasilkan Yin dan Yang', demikian bunyi pepatah kuno Tiongkok. Itu berarti kuning adalah pusat dari segala hal. Warna dalam tradisi rakyat Tiongkok mewujudkan budaya yang kaya. Misalnya warna kuning yang merupakan warna untuk kaisar. Kuning menandakan netralitas dan keberuntungan. Kuning sering dipasangkan dengan warna merah sebagai ganti warna emas.

 

Ngobrolin soal emas kamu tahu nggak sih kalau dalam feng shui,  Emas diibaratkan sebagai matahari dan dianggap lebih menguntungkan karena mereka memiliki energi matahari yang lebih efektif untuk magnetisasi dan menarik kekayaan yang lebih besar. Di sisi lain, emas didambakan oleh lebih banyak individu dan negara, dan ditampilkan sebagai sumber kekuatan dan kekayaan. Nilanya yang tidak pernah menyusut membuat emas menjadi pilihan orang sejak dahulu untuk berinvestasi. Selain itu, investasi emas bisa membantu sobat Treasury dalam membuat tabungan jangka panjang, misalnya untuk kebutuhan dana pendidikan atau dana pensiun. Maka dari itu, bagi kalian yang ingin memulai investasi emas dan menambah kepemilikan aset emas, bisa memilih aplikasi Treasury.

 

Investasi Emas mulai dari Rp 5.000an!

 Kini, Sobat Treasury bisa membelinya dengan cukup mudah. Kamu bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas! Apalagi di Treasury kamu bisa beli emasi mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!