4 Cara Jadi Wanita Menikah Agar Jadi Mandiri Secara Finansial



Meskipun sudah menikah, wanita sebaiknya bisa mandiri secara finansial. Dengan kemandirian finansial, perempuan bisa memperkecil risiko keuangan yang suatu saat akan dialami oleh keluarganya.

Selain itu, wanita yang bisa mandiri secara keuangan juga bisa mewujudkan mimpinya tanpa harus selalu bergantung kepada orang lain. Lalu, bagaimana caranya agar wanita bisa mandiri secara finansial meskipun sudah menikah?

1. Punya penghasilan. Wanita yang sudah menikah dan bekerja tentu akan mendapatkan penghasilan setiap bulan. Dia bisa menjadikan pendapatannya sebagai pegangan atau menambah dana untuk kebutuhan keluarganya. Lalu, bagaimana dengan yang menjadi ibu rumah tangga? Walaupun sebagai stay at home mom, kamu tetap bisa mendapatkan pekerjaan, kok. 

Internet bisa menjadi ladang penghasilan kamu, Sobat Treasury. Kamu bisa mendapatkan pendapatan dari pekerjaan paruh waktu. Atau, bisa juga dengan berjualan online di platform e-commerce atau menjadi reseller. Sobat pun bisa mencari rezeki dengan berjualan cemilan seperti gorengan atau kue-kue basah dan menitipkannya di warung.

2. Mengasah ilmu. Kamu punya keterampilan? Asahlah itu agar semakin runcing. Dengan begitu, Sobat Treasury bisa mendapatkan peluang yang suatu saat akan muncul.

Kamu juga bisa mengasah keterampilan yang baru. Misalnya, ingin lancar berbahasa Korea. Dari sini, Sobat bisa mempelajari bahasa ini dari banyak tempat, misalnya kursus berbayar/gratis. Atau, kamu juga bisa belajar bahasa ini dari tayangan drakor, konten vlog, dan berita. Ilmu yang kamu dapatkan ini juga bisa membuka peluang emas yang bagus dan memberikan cuan. Lumayan juga, kan, bisa menambah dompet dan menambah pengalaman untuk CV?

Sobat Treasury juga bisa mempertajam ilmu tentang finansial agar melek keuangan. Sekadar informasi, nih, menurut Survei Nasional Literasi Keuangan 2019, angka literasi dan inklusi keuangan perempuan sebesar 36,13 persen dan 75,15 persen. Angkanya lebih rendah daripada laki-laki yang literasi keuangannya mencapai 39,94 persen dan inklusi mencapai 77,24 persen.

Pemahaman tentang keuangan juga bisa menambah kepiawaianmu untuk mengelola keuangan rumah tangga, lho.

3. Tetap punya mimpi. Sudah menikah bukan berarti kamu harus kehilangan mimpi dan harapanmu. Sejatinya, mimpi dan harapan bisa menjadikanmu untuk terus maju dan tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Misalnya, sebelum menikah, Sobat ingin punya sport car. Setelah menikah, kamu bisa mempertahankan impian ini dan mewujudkannya. Misalnya, tetap bekerja atau mencari penghasilan baru untuk bisa mewujudkan mimpimu itu.

4. Disiplin finansial. Cara selanjutnya menjadi wanita mandiri secara finansial adalah disiplin mengelola uang. Di sini, perempuan “menjelma” menjadi menteri keuangan rumah tangga. Tidak sebagai “tempat penitipan uang”, istri berperan sebagai pengelola dan perencana.

Caranya bagaimana? Kamu bisa memulainya dengan mengelola uang belanja. Sobat Treasury bisa menggunakan metode 50-30-20 untuk anggaran. Anggaran pengeluaran tetap ini berisi pos belanja bulanan, harian, hingga transportasi dan tagihan. Lalu, 30 persen berisi tabungan dan investasi, serta 20 persen dana darurat.

Jika belum ada dana darurat, lebih baik membuat dana darurat terlebih dahulu. Jumlahnya mencapai 6-12 kali pengeluaran bulanan. Saat dana darurat aman, barulah melirik investasi. Kamu bisa memilih investasi jangka pendek (3-5 tahun) dan jangka panjang (lebih dari 5 tahun) agar rencana keuangan bisa terwujud dengan baik, seperti mempersiapkan biaya sekolah bagi Si Kecil.

Untuk investasi, Sobat Treasury bisa memilih emas. instrumen ini punya banyak keuntungan, seperti tahan inflasi dan karat. Serta, harganya yang cenderung stabil dan naik setiap tahun.

 

Ingin investasi emas? 

Treasury jadi pilihan investasi yang tepat bagimu. Harga emas yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Nggak hanya itu, kepemilikan emas terjamin di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dimiliki. Kamu juga bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho!  Treasury juga menyediakan emas fisik berupa koleksi perhiasan dari UBS Lifestyle dan Lumine untuk mempercantik penampilan. Serta, koin emas Koin Nusantara yang bisa dijadikan koleksi atau mahar nikah!

Menarik banget, kan? Yuk mulai investasi emas di aplikasi Treasury sekarang!