4 Tips Mudah Demi Terwujudnya Rencana Keuangan 😉



“Merencanakan keuangan dengan baik.” Mungkin itu salah satu cita-cita luhur atau resolusi 2020 yang belum sempat terlaksana ya? Nope, we’re not blaming anyone here. Situasi dan kondisi memang memaksa kita untuk bermanuver demi hidup yang tetap berjalan baik. Tapi, tahukah Sobat Emas, merencanakan keuangan itu tidaklah terlalu berat. Selama kita tahu kunci penting untuk bisa mengatur keuangan. Mau tahu apa saja? Scroll sekarang!

 

1. Buat Tujuan Keuangan

Sounds cliché? Well, ini justru pertanyaan penting yang bisa jadi pondasi mengapa akhirnya kamu harus merencanakan keuangan. Jangan hanya menjawab dengan jawaban umum, “pengen jadi kaya” tujuan kamu ini justru harus spesifik, agar kamu bisa menghitung berapa yang dibutuhkan untuk mencapai target. Tujuan ini tidak harus sesuatu yang serius dan ‘grande’, seperti mau beli rumah atau mobil baru, tapi bisa juga hal-hal kecil seperti, pergi liburan. Tujuan-tujuan ini nantinya akan jadi penyemangat kamu untuk mulai merencanakan keuangan dengan baik. Jadi, sudah tahu tujuan Sobat Emas apa?

 

2. Mulai dari Hal Kecil, Mulai dari Sekarang

Tujuan sudah ditentukan, sekarang saatnya Sobat Emas bergerak. Tidak perlu langkah yang terlalu besar, one step at a time saja. Bisa dimulai dengan tidak nyia-nyiain recehan, bikin kopi sendiri daripada beli kopi. Coba hitung deh, dalam seminggu ada berapa uang yang bisa dihemat? Lakukan hal-hal ini begitu Kamu sudah komit untuk mulai merencanakan keuangan ya, jangan tunda-tunda terus. 

Nah, Sobat Emas sudah cek fitur Rencana Emas di applikasi Treasury belum? Sobat Emas bisa menabung harian secara rutin sekalipun dengan nominal kecil.

 

3. Punya Simpenan Sesuai Budget

Dari kecil, kita sudah diajarkan nabung. Bahkan ada rumus tabungan yang (baiknya) kamu ikuti: 10% kebaikan – 20% tabungan – 30% cicilan – 40% kebutuhan. Ini adalah prinsip pengaturan keuangan yang seringkali digunakan oleh para perencana keuangan. Jika bisa diikuti, bagus banget. Tapi kamu adalah orang yang tahu pasti, berapa besar jumlah yang bisa disimpan, jangan sampai demi ‘memaksakan’ nabung, cashflow malah jadi berantakan. 

 

Tapi, bukan berarti jadi harus menunda-nunda punya simpenan ya! Coba cek di Treasury, Kamu bisa #PunyaSimpenan mulai dari Rp5.000-an. Sehari Rp10.000-20.000 pasti masih bisa dong!

 

4. Tentukan Deadline

Saat dikejar-kejar deadline, kadang kinerja terasa makin optimal. Pun dengan perencanaan keuangan, baiknya dikasih tengat waktu agar kamu sadar ada ujung yang harus dicapai. Deadline ini bisa bikin Kamu makin semangat mengejar goal yang sudah ditentukan. Biasanya, deadline itu berhubungan sama goal tadi, misal, ingin liburan ke Bali bulan depan: berarti dalam waktu 4 minggu, Kamu harus bisa mencapai nominal yang sudah ditentukan.

 

See, kalau dilihat-lihat, nggak terlalu sulit kan? Yang penting, Sobat Emas punya niat dan komitmen serta konsistensi untuk bisa merencanakan keuangan demi #MasaKeEmasan kelak!