3 Cara Cari Tahu Keinginan dan Kebutuhan 🧐



Ada pepatah lama yang mengatakan, ‘kebutuhan manusia bisa terbatas tapi keinginan manusia tidak terbatas,’ siapa yang setuju?

Mungkin banyak di antara kamu yang berpikir bahwa justru kebutuhan manusia itu sangatlah besar. Dan seiring dengan berkembangnya zaman serta teknologi, kebutuhan ini bisa bergeser.  Contohnya, handphone. Dulu kita bisa hidup tenang kalau lupa bawa handphone, tapi sekarang, kedudukannya bahkan jadi lebih penting daripada dompet. Iya kan?


Secara makna, kebutuhan berarti barang-barang esensial yang bisa menjagamu tetap hidup, seperti makan dan minum. Kebutuhan dibagi jadi tiga tingkat: primer, sekunder dan tersier. Sedang keinginan, merupakan hasrat yang timbul di saat-saat tertentu, dan tidak terlalu berimbas pada hidup jika memang tidak direalisasikan.


Soal keinginan dan kebutuhan tiap orang itu memang berbeda-beda. Tergantung dari gaya hidup dan lingkungannya. Treasury nggak akan ngajak kamu berdebat soal itu, hanya mau mengingatkan cara simple untuk bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Coba cek 3 pertanyaan ini ya!


  1. Apakah benda itu benar-benar kamu butuhkan? Jika iya, coba cek pertanyaan selanjutnya. Jika tidak, berarti cukup jelas kalau ini hanya keinginan semata.

  2. Kalau nggak beli sekarang, tidak apa-apa kan? Jika jawabannya iya, berarti itu hanya keinginan dan bukan kebutuhan. Kamu harus berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membelinya. Tapi, jika memang harus dibeli sekarang, coba cek pertanyaan selanjutnya.

  3. Apakah harus benda yang ini? Bisakah diganti dengan benda lain yang dapat memenuhi kebutuhan kamu?


Jika memang tidak tergantikan, berarti benda/hal ini memang benar-benar kamu butuhkan. Tapi jika ternyata bisa digantikan, coba cek pertanyaan pertama lagi sebelum benar-benar yakin ini adalah sebuah kebutuhan.


Setelah mengetahui mana kebutuhan dan keinginan, kamu jadi lebih punya kendali diri termasuk soal keuangan. Nah, coba deh alokasikan budget untuk membeli Emas secara rutin di Treasury, apalagi sekarang sudaha ada fitur Rencana Emas di aplikasi Treasury yang makin mempermudah kamu menabung Emas dan mengelola perencanaan dana kamu. Ingat Sobat Emas, kedisiplinan dan komitmen diperlukan agar bisa menjalankan ketahanan finasial supaya kelak, Sobat Emas bisa #PunyaSimpenan untuk #MasaKeEmasan 🤩