3 Cara Ajari Anak Jago Cari Uang Sejak Kecil ala Robert Kiyosaki



Sobat Treasury, bagi kamu yang menggeluti tentang pengelolaan finansial tentu kenal dengan sosok Robert Kiyosaki. Dia adalah penulis buku finansial terkenal Robert ‘Rich Dad Poor Dad’. Dalam bukunya, mantan tentara mengajarkan banyak cara mengelola keuangan terutama mengajarkan anak mencari uang sejak dini. Menariknya, tips dan saran yang ia tulis adalah berdasarkan pengalaman pribadinya sendiri.

 

Dalam bukunya Rich Dad Poor Dad, Kiyosaki membongkar rahasia awal karirnya menghasilkan uang sejak usia anak-anak. Kiyosaki bercerita bahwa pada saat dirinya masih kecil, dia memiliki hak istimewa untuk belajar dari dua pria tentang uang. Sesuai judul bukunya, sosok Poor Dad adalah ayah kandungnya sendiri. Ayahnya adalah sosok pekerja meski memiliki pekerjaan pemerintah bergaji tinggi Sementara sosok  Rich Dad adalah ayah sahabatnya, Mike yang seorang jutawan mandiri yang membangun kerajaan hotel di Hawaii dari nol. 

 

Sejak usia 9 tahun, Kiyosaki dan Mike dan dirinya memiliki ide untuk menyewakan buku komik. Setelah mereka memiliki koleksi buku komik untuk disewakan, dan memilih lokasi yang akan digunakan untuk perpustakaan, mereka mempekerjakan adik perempuan Mike untuk menjadi kepala perpustakaan buku komik mereka. Kedua bocah itu menyewakan buku komiknya seharga 10 sen untuk dua jam membaca. Keduanya bisa mendapatkan setidaknya 9,50 dolar AS setiap minggunya, dan membayar satu dolar untuk saudarinya.

 

Langkah sederhana ini sangat membekas hingga saat ini. Robert Kiyosaki pun berbagi bagaimana cara menghasilkan uang sejak usia anak-anak diantara sebagai berikut:

 

1. Harus Selektif Memilih Teman 

 

Kiyosaki kecil mengaku cukup beruntung memiliki teman Mike dan keluarganya. Banyak orang mengalami hal ketika mereka semakin kaya, persahabatan yang mereka miliki sebelumnya juga berubah. Seorang yang kaya lebih sulit berteman dengan orang tidak sefrekuensi. 

 

“Jika Anda kaya, lebih sulit berteman dengan orang yang tidak menyukai uang, bisnis, dan investasi. Ini hanyalah masalah fokus yang berbeda dalam hidup. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol teman Anda, Anda dapat mengontrol dengan siapa Anda berteman. Dan jika Anda ingin kaya, penting untuk memilih teman dengan hati-hati,” ujarnya.

 

2. Beri Pengalaman Baru untuk Anak Agar Lebih Pintar

  

Hal selanjutnya yang akan kamu dapatkan dari rangkuman buku ini adalah motivasi untuk mencari pengalaman baru juga bisa belajar dari pengalaman orang lain. Kiyosaki menjelaskan jika pengalaman tersebut hanya bisa diperoleh oleh mereka yang berani mengambil risiko dan mampu menghilangkan perasaan takut gagal. Sejak kecil anak harus diajari memetik pelajaran dari mana pun dan siapa pun, bahkan ketika pengalaman mereka tidak sesuai harapan. 

 

"Hari ini, saya kaya karena pelajaran yang diajarkan ayah kaya saya tentang uang. Saya juga belajar dari pengalaman saudara perempuan saya yang adalah seorang biksu Buddha, memiliki pelajaran yang berbeda untuk mengajari saya. Saya belajar tentang spiritualitas dan hal-hal lain dari mereka, tapi bukan soal uang," jelasnya. 

 

3. Ajari Anak Punya Sikap Berani Ambil Resiko

 

Menurut pengusaha properti ini, Kiyosaki bercerita, dirinya mengenal orang-orang yang akan selalu mencoba membujuknya keluar dari hal yang sudah ditetapkannya. Pesan Kiyosaki, jangan dengarkan orang miskin yang punya rasa takut ambil resiko. Menjadi kaya adalah tentang pola pikir dan nyali. "Orang miskin dan ketakutan memiliki pola pikir yang buruk dan selalu mengeluh tentang bagaimana langit akan runtuh. Mereka adalah Chicken Littles yang akan selalu memberi tahu Anda apa yang salah dengan ide bisnis atau investasi. Mereka adalah pembunuh motivasi," tegas Kiyosaki.

 

Pria 76 tahun berdarah Jepang-Amerika adalah sosok yang juga selalu mengajak investor membeli emas karena pasar keuangan global sedang dalam ambang jatuh sehingga investasi emas adalah solusinya. Mantan pilot helikopter pada perang Vietnam ini Kiyosaki juga kerap secara khusus juga memperingatkan agar tidak berfokus pada investasi uang kertas karena mencetak uang memiliki efek kejatuhan nilai.

 

Ajari Anak Menabung dan Investasi

 

Salah satu poin dari pesan Robert Kiyosaki di atas adalah pengaruh orang tua sangat besar untuk anak-anak. Maka sudah wajib bagi kamu Sobat Treasury yang sudah berkeluarga memberi contoh menabung dan berinvestasi, salah satunya investasi emas. Di Treasury kamu bisa memulai investasi bahkan mulai Rp5 ribuan. 

 

Menarik kan? Ketimbang melulu kasih uang jajan besar, Yuk mengajarkan anak investasi dan menabung.