5 Tips Biar WFH Lancar Jaya! #DiRumahAja



Mengikuti anjuran dari Presiden Indonesia, per-hari Selasa, 17 Maret 2020 kemarin, banyak perusahaan yang melakukan Work From Home alias kerja dari rumah, demi menekan angka penularan kasus COVID-19 yang makin merebak. Untuk beberapa orang, proses kerja begini mungkin jadi hal yang baru ya. Jika terbiasa datang ke kantor, duduk di kubikel dan mengerjakan semua kerjaan di ruangan kantor, tentu bakal merasa asing, ketika harus bekerja di meja tempat kita biasa nonton film streaming.

Di awal-awal, bisa jadi produktivitas akan menurun. Terutama untuk mereka anak-anaknya juga diliburkan dari sekolah. Double job, double pula lelahnya! Meski agak berat, sesungguhnya kita tetap bisa produktif meski harus bekerja dari rumah. Berikut Treasury kasih tips agar Work From Home kamu tetap lancar!

1. Komunikasi Tanpa Henti

Bukan berarti harus stand by di depan kamera 24/7 ya. Yang penting, kita harus selalu hadir saat dibutuhkan, baik di WAG atau saat harus conference call. Tentukan batas waktu maksimal saat harus menjawab pertanyaan di grup. Misal, maksimal 30 menit harus menjawab atau kena penalti (tentunya ini dilakukan di jam kerja ya!).

Pastikan juga koneksi telepon dan internet stabil. Beruntunglah yang langganan internet di rumah, bagi yang harus tethering, harus dipastikan juga apakah pembelian pulsa untuk melancarkan pekerjaan bisa di-reimbuirse atau tidak.

2. Work from Home bukan Liburan

Ingat, guys… ini namanya kerja dari rumah, jadi jangan lupa untuk nge-treat WFH seperti hari-hari kerja kita biasanya. Tetap rajin buka email kantor, ngerjain tasking dan report ke kolega/atasan untuk semua kerjaan. Jangan lupa juga, buat To Do List agar tidak ada kerjaan yang miss. Jauhi diri dari kemalasan dan keinginan untuk chillin’ sambil marathon Kingdom hingga jam pulang kantor tiba.

3. Create Your Own Desk Office

Biar feel ngantor tetap hadir, coba tata ulang meja kerja kamu deh. Siapin notebook buat nyoret-nyoret, sediain colokan dan jangan lupa taruh botol minum biar kamu nggak mondar-mandir. Biasanya kalau lepas dari meja kerja, hasrat rebahan di sofa sambil main handphone jadi lebih kuat tuh. Jadi biasakan untuk menyelesaikan dulu satu task sebelum kabur sebentar dari meja kerja.

4. Jaga Jadwal Kerja

Baru beberapa hari WFH, sudah banyak teman yang mulai mengeluh, “WFH nih bikin jam kerja nggak teratur. Masa gue harus ngirim report jam 10 malem?”

Hmm… coba deh, introspeksi. Di siang hari, saatnya kamu kerja, apakah kamu beneran ngerjain report, atau malah kuteksan di kamar sambil nonton Itaewon Class? Disiplin diri itu penting banget di masa-masa WFH ini. Jangan mentang-mentang bos nggak merhatiin, terus kamu jadi males-malesan, padahal deadline menggunung. Sebisa mungkin, kelarin kerjaan secepatnya, biar sore hari kamu bisa lebih santai.

5. WFH Means, You Have to Stay At Home!

Sadar kan guys, kalau anjuran untuk bekerja dari rumah ini bukan sekadar buat Kamu untuk liburan, tapi demi mengurangi kemungkinan penyebaran virus jadi lebih luas. Itu berarti, sebisa mungkin Kamu memang harus #DiRumahAja. Nggak susah dong, toh sekarang semua hal bisa dilakukan dari rumah aja. Termasuk bikin tabungan Emas. Yes, dengan Treasury, Kamu bisa mulai buka tabungan Emas tanpa perlu keluar rumah, lewat aplikasi. Coba deh, Emas itu bisa jadi pegangan yang cukup kuat untuk menjaga masa depan Kamu lho!


#DiRumahAja