#RekomendasiGoldy: Analisa Harga Emas 5 Februari 2021



Halo, Sobat Emas! Belajar menganalisa harga Emas bareng Goldy yuk! Seperti biasa, Goldy akan share ke kalian analisa harga emas hasil dari team Treasury melihat apa yang terjadi di minggu ini ya.

Kalau sobat Emas perhatikan di minggu ini, harga Emas mengalami penurunan yang signifikan. Padahal kalau di 2 minggu lalu, harga Emas di Treasury masih berada di kisaran Rp 862 - 870 Ribuan , akan tetapi di hari Jumat ini harga Emas di Treasury sempat menyentuh Rp 840 Ribuan. Penurunan harga Emasnya lumayan berasa ya, Sobat Emas. Yuk kita simak yuk analisa dari team Treasury, hal - hal apa saja yang mempengaruhi pergerakan harga Emas minggu ini.

Oke, case pertama yaitu pergerakan indeks volatilitas (VIX). Indeks volatilitas merupakan tolak ukur ketakutan pelaku pasar. Dimana saat index ini turun, artinya pelaku pasar kini sudah mulai tenang. Dan para investor asing sudah mulai berani mengucurkan dana investasi ke negara emerging market yang memiliki resiko lebih tinggi dibanding negara maju, seperti Indonesia salah satunya.

Lalu ada contoh yang bisa kita lihat di dalam negeri sendiri, besarnya aliran investasi ini terlihat dari hasil lelang obligasi yang dilakukan pemerintah Indonesia, yaitu Surat Utang Negara (SUN) sebesar 35T rupiah. Hal ini mungkin jadi salah faktor yang mempengaruhi pergerakan harga Emas di minggu ini.

Nah, kalian ingat gak yang Goldy sempat jelaskan di analisa harga Emas di 2 pekan lalu? Yup, masih ada faktor lainnya: stimulus fiskal Amerika Serikat. Para pelaku pasar masih menunggu berita terkait stimulus fiskal, karena nilai US$ 1,9 miliar yang sebelumnya dikabarkan mulai diragukan. Kalau kita lihat dari kenaikkan dollar index secara berturut - turut dalam 1 minggu ini, hal ini menunjukkan perekonomian di Amerika Serikat sudah mulai membaik. Hal ini kemungkinan turut  mempengaruhi pergerakkan harga Emas di minggu ini juga.

Jadi gimana, Sobat Emas? #RekomendasiGoldy nih ya, jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan berita atau bisa juga sekedar cek Minute Pricing di website dan aplikasi Treasury. Bagaimanapun pergerakkan volatilitas pasar, Sobat Emas harus ingat ya kalau instrumen Emas itu lebih tepatnya untuk jangka panjang. Jadi jangan lupa top up saldo emas kamu biar kamu bisa raih #MasaKeEmasan