Keuangan Seimbang dengan Metode Living - Saving - Playing



Belakangan, tren #PunyaSimpenan Aset untuk masa depan makin ramai diminati banyak orang. Jika dulu hal ini seolah diperuntukan hanya untuk mereka yang berdompet tebal, sekarang masyarakat umum juga mulai melek. Sayangnya, tren ini tidak diimbangi dengan knowledge yang baik dan benar. Banyak berita dan cerita orang yang akhirnya mengalami kesusahan karena merugi dan membuat keuangan mereka berantakan. Singkatnya, mau untung malah buntung.

Biar keuanganmu tetap aman, nih Treasury kasih bocoran caranya ya!
Living

Treasury merasa perlu untuk mengingatkan kalian semua bahwa sebelum #PunyaSimpenan Aset, baiknya kamu terlebih dahulu memiliki tabungan cukup untuk hal-hal yang penting, seperti dana darurat dan dana pendidikan anak. Setelah itu terpenuhi, barulah kamu bisa menggunakan uangmu untuk memiliki aset. Kenapa penting untuk memiliki safety net terlebih dahulu? Karena yang namanya #PunyaSimpenan Aset untuk masa depan, ada kemungkinan kamu akan merugi dan saat itu terjadi, kamu harus punya pegangan agar keuangan tetap terjaga.

Jadi, sebelum masuk ke ranah selanjutnya, baiknya kamu sudah penuhi dulu tabungan-tabungan tersebut ya!

Saving

Di fase ini, kamu berarti sudah melek soal saving alias #PunyaSimpenan Aset Keuangan. Pilihlah instrumen yang paling cocok untukmu. Kalau Treasury boleh kasih saran sih, coba deh Emas atau Aset Kripto. Jika kita lihat secara historik grafik pertumbuhannya dari tahun ke tahun, nilainya mengalami peningkatan sehingga bisa jadi simpanan yang aman buat masa depan. Biasakan juga untuk tidak menaruh uang kamu di satu aset saja, melainkan coba beberapa instrumen dengan tingkat risiko yang berbeda-beda, agar saat satu aset cenderung menurun, kamu masih punya pegangan di aset lain yang lebih aman.

Playing

Yang tidak kalah penting: hanya gunakan “uang dingin” untuk membeli aset keuangan! Jangan pernah menggunakan uang belanja, uang tabungan pendidikan atau uang arisan si mama. Pokoknya jangan! Lebih baik, gunakan uang jajan yang sebenarnya nggak perlu-perlu banget, seperti uang jajan kopi hari-hari atau uang nonton bioskop.
Tunggu, jangan buru-buru buang muka saat Treasury bilang, ‘uang jajan kopi hari-hari’ ya. Tahu nggak, di Treasury itu kamu bisa #PunyaSimpenan Emas & Aset Kripto mulai dari 5000an lho! Bahkan lebih mahal harga kopimu kan?