Cara Tepat Biar Jadi Sultan Bareng 👨‍🏫Safir Senduk



Setiap orang pasti ingin keuangannya makmur. Banyak yang salah mengartikan kalau kekayaan Sobat Emas dilihat dari berapa besar gaji yang kamu punya. Mengutip dari Safir Senduk di Treasury CETAR “Kekayaan kamu dilihat dari berapa besarnya simpenan aset yang kamu miliki. Ya makin banyak simpenan aset kamu, ya kamu makin kaya😉” Sebelumnya, baiknya kamu mengetahui dulu apa sih jenis - jenis aset itu.

Kalau dilihat dari bentuk atau wujudnya, ada 3 macam aset:

1.Real Asset

Aset tersebut ada barang fisiknya, bisa kamu pegang. Beberapa contoh dari real asset adalah tanah, logam mulia.

2.Paper Asset

Aset ini tidak ada barang fisiknya, aset tersebut tertulis di atas kertas. Paper asset yang biasanya kita kenal adalah obligasi, surat utang negara, saham, reksa dana, atau asuransi.

3.Digital Asset

Pada umumnya, aset digital adalah segala konten yang disimpan secara digital. Di sektor keuangan, aset digital biasanya disebut sebagai aset yang dapat diperdagangkan, seperti token emas yang dapat diperdagangkan.

Okay, Goldy sudah jelaskan jenis aset jika dilihat dari bentuknya. Kalau dilihat dari jenis pendapatannya, Sobat Emas bisa membedakannya menjadi 2 tipe:

1.Growth Income

Hasil pendapatan yang kamu peroleh berupa berupa pertumbuhan dari nilai aset tersebut (growth income). Misalnya kamu beli Emas ketika harga belinya Rp 800.000/ gram, lalu harga Emas menjadi Rp 810. 000/ gram.

2. Fixed Income

Hasil pendapatan yang kamu peroleh berupa pendapatan tetap (fixed income). Contohnya kamu membeli rumah dan disewakan dan kamu dapat pendapatan dari hasil sewa tersebut.

Saran dari Safir Senduk, pilih yang sesuai sama kebutuhan dan nyaman kamu lakukan. Cari-cari dulu informasinya di internet atau dari ahlinya soal aset - aset ini. Apapun aset yang kamu pilih, Sobat Emas harus menyesuaikannya dengan tujuan yang kamu inginkan. Kalau Sobat Emas ingin dapat hasil jangka pendek, miliki aset dengan pendapatan tetap. Tapi untuk jangka panjang, pilihlah aset dengan pendapatan pertumbuhan. Apapun jenis aset kamu, pastikan Emas tetap harus ada. Karena Emas memiliki nilai nominal dan nilai intrinsik yang stabil sama.

Setelah baca-baca lebih lanjut, sudah nggak ragu dong untuk mulai #PunyaSimpenan Emas? Di Treasury bisa beli Emas mulai dari Rp 5.000an lho, yok sama-sama masuki #MasaKeEmasan dengan membeli Emas secara rutin. Beli Emas 2x sehari juga cuma Rp10.000an, kamu pasti bisa 💪