4 Tips biar Gaji Awet Saat Ramadan



Welcoming Ramadan!

Memasuki bulan penuh berkah, bukan hanya keimanan yang perlu dipersiapkan tapi juga keuangan karena biasanya Ramadan itu bikin kebutuhan jadi semakin banyak dan saat permintaan akan kebutuhan bahan pokok meningkat, maka harga-harga jual barang pokok, seperti beras, telur dan banyak bahan makanan lain cenderung naik.

Walau masih dalam suasana pandemi dan ajakan buka puasa bersama di luar akan sangat berkurang, bukan berarti gaji aman dari jajan-jajan bukaan. Hal-hal ini nih yang bisa bikin cash flow berantakan. Gaji seringkali serasa menguap lebih cepat cepat di bulan Ramadan.

Tenang, nih ada #RekomendasiGoldy biar gaji tetap awet selama Ramadan! Simak yuk!👇

1. Buat Rencana Keuangan dan Konsisten!

Pasti kamu sudah tahu, berapa kebutuhan yang harus dikeluarkan di bulan Ramadan. Hal ini termasuk, pengeluaran untuk zakat, berbagi dengan orang yang membutuhkan, memberi THR untuk asisten di rumah, menabung hingga beli baju baru atau hadiah lebaran untuk orang tersayang. Setelah kamu tahu pengeluaran kamu, buatlah rencana keuangan dan sebisa mungkin tidak membelanjakan lebih dari yang seharusnya. Jika rencana ini diikuti dengan baik, uangmu bakal masih tersisa hingga gajian bulan berikutnya tiba.

2. Belanja Stock Bahan Pokok Sebelum Mendekati Lebaran

Biasanya ketika di bulan puasa harga bahan pokok sudah pasti naik dan memuncak lebih tinggi ketika sudah beberapa hari menjelang Lebaran. Biar nggak ganggu cash flow ada baiknya kamu membeli bahan-bahan pokok ini dari sekarang. Belilah barang-barang seperti beras, telur, gula, minyak dan kebutuhan lain yang bisa disimpan lama terlebih dahulu. Untuk sayur mayur dan daging, bisa dibeli saat akan dimasak. Walau harganya jadi lebih tinggi, tapi kamu sudah berhasil hemat dari pembelian bahan pokok lainnya.

3. Masak Sendiri Bukaanmu

Walau nggak bukber di luar, jajan via ojek online pasti bakal tetap dilakukan kan? Nah, Goldy sih nggak ngelarang kamu untuk jajan ya, tapi jangan tiap hari juga kali ya~ sesekali, coba deh masak sendiri bubur kacang hijau atau bubur sum sum. Selain lebih hemat, juga pasti lebih sehat dan enak. Eh, coba share resep bukaan favorit kamu di Instagram, terus mention Goldy ya… buat ide bukaan juga nih!

4. Tetap Lakukan 10-20-30-40

Selain 3M, barisan angka ini juga harus tetap dilakukan ya. Karena walaupun suasananya berbeda, hidup akan tetap berjalan apa adanya (baca: tagihan tetap jalan) jadi prinsip 10% untuk beramal, 20% untuk menabung, 30% untuk membayar cicilan dan 40% untuk kebutuhan rutin bulanan, seperti makan, transportasi, sewa rumah, listrik dll. Hal ini akan menjaga keuanganmu tetap aman hingga akhir bulan.