Generasi Sandwich Bisa Punya Financial Freedom?🤷‍♀️🤷‍♂️



Generasi sandwich adalah mereka yang ‘terjepit’ di antara membangun kehidupan sendiri dengan menjaga kehidupan orang tua. Jangankan punya simpanan, bisa bertahan hingga akhir bulan saja sudah keren banget. Ada yang begini kah?🤗

Salah satu faktor utama munculnya generasi sandwich adalah karena para orang tua ternyata belum siap secara finansial saat pensiun. Kadang, mereka juga masih memiliki tanggungan seperti anak yang masih butuh biaya sekolah, sedangkan pendapatan sudah tidak sebanyak saat masih produktif.

Mengelola keuangan memang sulit, apalagi jika ada dua atau lebih rumah tangga yang harus dibiayai. Makin banyak tanggung jawab dan prioritas yang harus didahulukan sebelum bisa memenuhi mimpi dan cita-citanya. Tapi, meski sulit, dengan manajemen keuangan yang baik, Sobat Treasury bisa saja lepas dari belenggu generasi sandwich ini dan bahkan bisa meraih kemerdekaan finansialnya sendiri!

Dikutip dari Money Control, berikut adalah beberapa cara generasi sandwich bisa meraih kebebasan keuangan:

Tentukan Prioritas Keuangan untuk Keluarga

Penting banget untuk memprioritaskan kebutuhan utama dan menentukan anggaran bulanan keluarga. Generasi sandwich harus bisa memilih, mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa menunggu, agar keuangan tetap stabil. Jangan lupa, buat rencana keuangan, jangka pendek maupun panjang dan harus konsisten mematuhi rencana dan prioritas yang sudah dibuat ini ya!

Mulailah Punya Simpanan

Setelah menyusun rencana keuangan dan tujuan keuangannya sudah diketahui, ada baiknya Sobat Treasury mulai punya simpanan. Bentuknya bisa bermacam-macam, dari Emas hingga Aset Kripto. Dua hal ini bisa membantumu mencapai kebebasan finansial di masa depan. Tentunya bentuk simpanan ini harus disesuaikan dengan profil risiko dan kemampuan Sobat Treasury ya!

Selain untuk hidup saat ini, #PunyaSimpenan itu juga bisa menjaga masa depan kamu lho, Sobat Treasury! Biar kelak, anak-anak tidak perlu jadi generasi sandwich karena kita sudah punya perencanaan keuangan yang baik.

Dana Darurat

Untuk generasi sandwich, punya dana darurat adalah sebuah keharusan karena banyak orang yang bersandar pada kita. Mulailah mengumpulkan dana darurat dengan cara menabung atau kamu bisa menyimpan dana darurat dalam bentuk Emas atau Aset Kripto. Biar lebih mudah, coba mulai #PunyaSimpenan di Treasury ya!

Ngobrol Sama Keluarga Soal Keuangan

Meskipun sumber dana ada di kamu, tapi bukan berarti kamu harus melakukan semuanya sendiri. Coba ajak ngobrol keluarga, terutama orang tua soal keuangan keluarga ini. Hal ini penting, agar kamu tahu apa yang harus diprioritaskan dan bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Penting juga, biar keluarga tidak serta merta merongrong kamu terus, untuk hal-hal yang sebenarnya tidak penting-penting banget.
Jika kamu sudah berkeluarga, penting juga untuk mendiskusikan hal ini sama istri/suami karena tentunya kebutuhan mereka juga prioritas yang harus diperhatikan.

Gimana?
Tidak mudah, tapi yakin deh jika diobrolin baik-baik dan dengan pengelolaan keuangan yang tepat, bukan tidak mungkin kebebasan finansial bisa diraih oleh generasi sandwich ini.