Millenial Beli Rumah, Apa Bisa?



Jika ditanya ke generasi milenial, “ambisi terbesar mereka”, bisa jadi punya rumah adalah nomor kesekian, bahkan tidak masuk ke Top 3. Wajar sih, kita kan lebih suka mengoleksi pengalaman mencoba beragam hal baru, dibandingkan memiliki aset sendiri. Belum lagi, gaya hidup konsumtif demi bisa dipamerkan di social life dan social media membuat kita jadi minim tabungan. Jangankan beli rumah, bisa makan enak di akhir bulan saja sudah keren banget.

Menurut studi yang dilakukan oleh IDN Research Institute (2019) hanya sekitar 35,1% milenial yang sudah memiliki rumah, sisanya masih mengejar mimpi yang lain. Padahal, rumah dan tanah bisa dijadikan aset untuk masa depan karena nilainya juga cenderung naik, meski tidak se-liquid Emas. Yok, mumpung masih bisa, mulai cicil rumah dan tanah dari sekarang. Berikut Treasury kasih tips agar Kamu bisa mulai ‘membeli’ rumah.

1. Cek Rumah Subsidi

Salah satu program pemerintah yang bisa mempermudah langkah untuk memiliki rumah. Dilansir dari laman KemenPUPR, tahun 2019 ada 1,25 juta unit rumah subsidi yang bisa dimiliki. Namun, seperti juga sifat nilai tanah dan rumah yang cenderung naik tiap tahun, harga unit rumah subsidi ini juga ikutan naik. Besar kenaikannya mulai dari 3% - 9% lho, jadi jangan ditunda untuk segera memiliki rumah ya!

2. Buka Tabungan untuk DP

Mumpung mau gajian, dari sekarang siapkan tabungan sendiri untuk mengumpulkan DP yang tidak sedikit. Tentukan goals-nya agar bisa menentukan berapa nominal yang harus disisihkan. Agar lebih mudah, maksimalkan untuk #PunyaSimpenan Emas deh. Nilai Emas yang cenderung naik, bisa jadi pegangan di masa depan. Kamu bisa merencanakan DP rumah impian kamu dengan menggunakan fitur Rencana Emas di aplikasi Treasury.

3. Cicil DP

Atau, Kamu bisa ikutan program cicilan DP yang biasanya diinisiasi oleh pihak developer. Program ini memungkinkan Kamu untuk mencicil DP dalam kurun waktu tertentu. Setelah uang muka lunas, baru KPR diajukan. Meski memudahkan, ada beberapa catatan penting yang harus dipikirkan: (a). Ketika DP lunas, harga rumah mungkin jadi lebih mahal seiring waktu. Jadi semakin lama cicilan DP, semakin tinggi harga rumahnya. (b). Jika di tengah jalan, Kamu tidak bisa meneruskan cicilan, DP akan hangus. Jadi baiknya, cek dulu syarat dan ketentuan dari developer sebelum mengambil program ini

4. Pastikan Lokasi Rumah Memiliki Akses Transportasi

Rumah di tengah kota sudah pasti mahal. Yang lebih terjangkau biasanya terletak di pinggiran. Tapi jangan sedih, sekarang moda transportasi sudah lebih terintegrasi, rumah di ujung berung pun tetap bisa dicapai dengan sedikit lebih mudah. Jadi, sebelum menentukan akan membeli rumah, pastikan dulu daerahnya punya akses transportasi yang baik.